Buku Serial BUMI By Tere Liye

Buku serial bumi, baru sempat saya baca di pertengahan tahun 2017, saya baca bukunya maraton, mulai dari buku pertama sampai buku keempat.  Setahun berikutnya, barulah keluar buku berikutnya bulan Mei 2018.  Tidak tanggung-tanggung, langsung dua buku.

a, menurut saya karakter tokoh- tokoh di buku seri bumi ini nama-namanya  sangat unik , seperti Mala-tara-tana II (Ketua konsil matahari), Panglima Tog, Hana-tara-hata, Av, Ilo, Ou (adiknya Ily), Si Tanpa Mahkota dan yang pasti cerita nya seru, tentang petualangan yang tidak biasa. Lembar demi lembarnya pengen segera selesai membaca tiap bukunya , pengen tahu ending-nya tapi ujung-ujungnya setelah membaca buku ini jadi tidak sabar menunggu buku berikutnya 😅😆
Saya suka sekali membaca buku seri Bumi karya Tere Liye ini, saya seakan diajak berpetualang mengunjungi klan bulan, klan matahari, klan bintang bersama

Ra, Seli dan Ali. Tentang persahabatan mereka yang seru. Kalau suka baca buku petualangan, buku ini rekomended banget. Setting dalam buku-bukunya juga tidak biasa, imajinasi kita pun diajak untuk membayangkan gimana rasanya berada di tempat -tempat yang di kunjungi oleh Ra, Seli dan Ali, keren pokoknya 👍👍👍

Baca juga: Resensi buku Komet Minor (Maret terbit 2019), Komet, serta Ceros dan Batozar karya Tere Liye

Petualangan Raib, Seli, dan Ali dalam Serial Bumi

Dalam buku Serial Bumi, ada 3 tokoh , yaitu: Raib, Seli, Ali.  Buku serial bumi ini semacam Harry Potter-nya Indonesia tapi tentu saja berbeda isi, tema, setting. Kalau HP (dua laki-laki dan satu perempuan: Harry Potter, Ron Weasley, sama Hermione), di Serial Bumi (dua perempuan satu laki-laki: Raib, Seli dan Ali). Kalau Harry Potter itu tentang  sihir, nah kalau Serial ini teknologi mutakhir – science fiction.  Sebagai penggemar Harry Potter, ketika membaca buku-buku serial bumi ini, saya kangen sama karakter fenomenal karya JK. Rowling tersebut. Yang menyamakan, sensasi menunggu bukunya itu loh! Jarak dari satu buku ke buku berikutnya sampai setahun 😆 genre-nya sama-sama fantasy, tidak nyata tapi ya tetap seru untuk mengikuti petualangan mereka 😊

Baca: Keberanian Geng Si Anak Badai mempertahankan kampung halamannya

Baca juga all about Harry Potter

Kalau dibayangin, Raib itu seperti Harry Potter: berani, kuat, pantang menyerah, keras kepala.

Lalu, Seli itu seperti Ron Weasley: setia kawan, kadang ketakutan tapi bisa juga menjadi sangat kuat. Oh iya, kekuatan Seli di sini keren banget lho! Berkembang drastis!

“Setiap kali mereka habis bertempur dan pertempuran itu tidak mampu membuat mereka kalah, maka akan pulih dengan kekuatan berlipat-lipat.”

Kalau Ali itu seperti Hermione Granger. Cerdas banget, si genius!  Dia banyak membaca buku (dari buku pertama berjudul Bumi, Ali bilang bahwa dia membaca lebih banyak dari siapapun), mungkin karena rasa ingin tahunya yang sangat tinggi, maka membaca buku menjadi salah satu cara Ali mencari tahu dan menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dalam benaknya.

Baca juga : serial Anak Nusantara karya Tere Liye

Ketiga karakter utama,  remaja yang berasal dari klan berbeda dengan petualangannya yang sangat seru, dalam novel ber-genre science and fantasy ini akan membawa pembacanya, menikmati petualangan yang menegangkan namun membuat penasaran untuk mengikuti kelanjutan ceritanya 

  1. Klan BUMI.  Awal sebuah kisah petualangan tiga sahabat sejati.
  2. Klan BULAN. Mereka semakin tangguh melewati banyak rintangan. 
  3. Klan MATAHARI. Petualangan mereka semakin jauh.  Pengorbanan!  Persahabatan!
  4. Klan BINTANG.  Sekali mereka diuji. Teknik bertarung berkembang!

Ini dia ketiga tokoh utama karakter dan kekuatan dari serial bumi tersebut:

RAIB : Klan Bulan. Teknik menghilang. Pukulan berdentum. Teknik pengobatan.  Pemimpin rombongan 😎

SELI : Klan Matahari.  Teknik kinetik.  Pukulan petir.  Sahabat yang Setia.  Petarung Tahan Banting.

ALI :  Klan Bumi.  Genius.  Biang Kerok. Sumber masalah. Tak ada kata yang bisa mendeskipsikan Ali. 

Baca juga tentang hal-hal menarik dari buku serial bumi

Berikut sinopsis buku-buku dari serial Bumi karya Tere Liye:

BUKU PERTAMA DARI SERIAL BUMI

Judul buku : Bumi
Penulis : Tere Liye
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Cetakan kedelapan, Februari 2016
Jumlah Halaman : 440 Halaman

Namaku Raib, usiaku 15 tahun, kelas sepuluh. Aku anak perempuan seperti kalian, adik-adik kalian, tetangga kalian. Aku punya dua kucing, namanya si Putih dan si Hitam. Mama dan papaku menyenangkan. Guru-guru di sekolahku seru. Teman-temanku baik dan kompak.
Aku sama seperti remaja kebanyakan, kecuali satu hal. Sesuatu yang kusimpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yang menakjubkan.
Namaku, Raib. Dan aku bisa menghilang.  Selengkapnya review BUMI , silahkan klik ini 

BUKU KEDUA DARI SERIAL BUMI

new cover (2018)

Judul buku : Bulan
Penulis : Tere Liye
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Cetakan ketujuh, April 2016
Jumlah Halaman : 400 Halaman

Namanya Seli, usianya 15 tahun, kelas sepuluh, dan dia salah satu teman baikku. Dia sama seperti remaja yang lain. Menyukai hal yang sama, mendengarkan lagu-lagu yang sama, pergi ke gerai fast food, menonton serial drama, film, dan hal-hal yang disukai remaja.
Tetapi ada sebuah rahasia kecil Seli dan aku yang tidak pernah diketahui siapa pun. Sesuatu yang kami simpan sendiri sejak kecil. Aku bisa menghilang dan Seli bisa mengeluarkan petir.
Dengan kekuatan itu, kami bertualang menuju tempat-tempat yang menakjubkan. Selengkapnya review BULAN silahkan klik ini 

BUKU KETIGA DARI SERIAL BUMI


Judul buku : Matahari
Penulis : Tere Liye
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Cetakan ketiga, Agustus 2017
Jumlah Halaman : 400 Halaman

Namanya Ali, 15 tahun, kelas X. Jika saja orangtuanya mengizinkan, seharusnya dia sudah duduk di tingkat akhir ilmu fisika program doktor di universitas ternama. Ali tidak menyukai sekolahnya, guru-gurunya, teman-teman sekelasnya. Semua membosankan baginya. Tapi sejak dia mengetahui ada yang aneh pada diriku dan Seli, teman sekelasnya, hidupnya yang membosankan berubah seru. Aku bisa menghilang, dan Seli bisa mengeluarkan petir. Ali sendiri punya rahasia kecil. Dia bisa berubah menjadi beruang raksasa. Kami bertiga kemudian bertualang ke tempat-tempat menakjubkan. Namanya Ali. Dia tahu sejak dulu dunia ini tidak sesederhana yang dilihat orang. Dan di atas segalanya, dia akhirnya tahu persahabatan adalah hal yang paling utama.  Selengkapnya Review Matahari silahkan klik ini 

BUKU KEEMPAT DARI SERIAL BUMI


Judul buku : Bintang
Penulis : Tere Liye
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Juni 2017
Jumlah Halaman : 392 Halaman

Kami bertiga teman baik. Remaja, murid kelas sebelas. Penampilan kami sama seperti murid SMA lainnya. Tapi kami menyimpan rahasia besar.
Namaku Raib, aku bisa menghilang. Seli, teman semejaku, bisa mengeluarkan petir dari telapak tangannya. Dan Ali, si biang kerok sekaligus si genius, bisa berubah menjadi beruang raksasa. Kami bertiga kemudian bertualang ke dunia paralel yang tidak diketahui banyak orang, yang disebut Klan Bumi, Klan Bulan, Klan Matahari, dan Klan Bintang. Kami bertemu tokoh-tokoh hebat. Penduduk klan lain.
Ini petualangan keempat kami. Setelah tiga kali berhasil menyelamatkan dunia paralel dari kehancuran besar, kami harus menyaksikan bahwa kamilah yang melepaskan “musuh besar” nya.
Ini ternyata bukan akhir petualangan, ini justru awal dari semuanya… selengkapnya review Bintang silahkan klik ini 

BUKU KEEMPAT SETENGAH (4,5) DARI SERIAL BUMI

Judul Buku : CEROS & BATOZAR

Penulis        :  Tere Liye

Tahun Terbit : Mei 2018

Penerbit       : PT. Gramedia Pustaka Utama

Jumlah Halaman :  359 halaman 

Sinopsis: 

Awalnya kami hanya mengikuti karyawisata biasa seperti murid-murid sekolah lain.  Hingga Ali, dengan kegeniusan dan keisengannya, memutuskan menyelidiki sebuah ruang kuno.  Kami tiba di bagian dunia pararel lainnya, menemui petarung kuat, mendapat kekuatan baru serta teknik-teknik menakjubkan. Dunia pararel ternyata sangat luas, dengan begitu banyak orang hebat di dalamnya.

Kisah ini tentang petualangan tiga sahabat.  Raib bisa menghilang.  Seli bisa mengeluarkan petir. Dan Ali bisa melakukan apa saja. Selengkapnya baca review ceros dan batozar

BUKU KELIMA DARI SERIAL BUMI

Judul Buku : KOMET

Penulis : Tere Liye

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Jumlah Halaman : 384 hlm; 20 cm

Tahun Terbit : 2018

Sinopsis:

Setelah “musuh besar” kami lolos, dunia paralel dalam situasi genting. Hanya soal waktu, pertempuran besar akan terjadi. Bagaimana jika ribuan petarung yang bisa menghilang, mengeluarkan petir, termasuk teknologi maju lainnya muncul di permukaan Bumi? Tidak ada yang bisa membayangkan kekacauan yang akan terjadi. Situasi menjadi lebih rumit lagi saat Ali, pada detik terakhir, melompat ke portal menuju Klan Komet. Kami bertiga tersesat di klan asing untuk mencari pusaka paling hebat di dunia paralel.  Buku ini berkisah tentang petualangan tiga sahabat. Raib bisa menghilang. Seli bisa mengeluarkan petir. Dan Ali bisa melakukan apa saja. Buku ini juga berkisah tentang persahabatan yang mengharukan, pengorbanan yang tulus, keberanian, dan selalu berbuat baik. Karena sejatinya, itulah kekuatan terbesar di dunia paralel.  Selengkapnya baca review KOMET

BUKU KEENAM DARI SERIAL BUMI: KOMET MINOR

KOMET MINOR KARY TERE LIYE - BUKU KEENAM SERIAL BUMI
Buku keenam serial Bumi 💕💕💕💕💕💕

Judul Buku          :  KOMET MINOR
Penulis                 : Tere Liye.
Co-Author           : Diena Yashinta
Penerbit               : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit        : Cetakan pertama, 11 Maret 2019

Jumlah Halaman  : 376 Halaman

Sinopsis:     

Pertarungan melawan si Tanpa Mahkota akan berakhir di sini.  Siapa pun yang menang, semua berakhir di sini, di Klan Komet Minor, tempat aliansi Para Pemburu pernah dibentuk, dan pusaka hebat pernah diciptakan.

Dalam saga terakhir melawan si Tanpa Mahkota, aku, Seli dan Ali menemukan teman seperjalanan yang hebat.  Bersama-sama kami melewati berbagai rintangan, memahami banyak hal, berlatih tehnik baru, dan bertarung bersama-sama.

Inilah kisah kami.  Tentang persahabatan sejati.  Tentang pengorbanan.  Tentang ambisi. Tentang memaafkan. Namaku Raib, dan aku bisa menghilang.

BUKU ENAM SETENGAH (6.5) DARI SERIAL BUMI: SELENA

Dunia ini dekat sekali dengan kegelapan, Selena. Maka saat kegelapan menyelimutimu, pastikan kamu tetap mencari cahaya di sekitarmu. Dirimu sendiri adalah satu-satunya yang bisa dipercaya. Nurani. Cahaya kecil itu selalu ada di hatimu. Gunakan. Terangi jalanmu, temukan pilihan hidupmu. Maka semoga itu bisa membawamu menuju jalan yang lebih baik.” (halaman 376/406) –Pesan Gurunya, Bibi Gill pada Selena setelah menyelesaikan ujian mata kuliah Malam dan Misterinya pada tahun pertama di semester dua.

 

baca review selengkapnya Komet Minor

Hal yang membuat saya selalu tertarik dengan buku-buku karya Tere Liye, salah satunya Tere Liye menyajikan buku dengan berbagai genre, dari puluhan buku yang sudah ditulisanya, berikut ini genre-genrenya:

  1. Genre Novel anak – anak dan keluarga : Hafalan Solat Delisa, Moga Bunda Disayang AllahBidadari-Bidadari Surga (recover jadi Dia adalah Kakakku), kemudian ada serial Anak-Anak Mamak  ada : ElianaBurlianPukat , Amelia dan Si Anak Cahaya
  2. Genre romance : Berjuta Rasanya, Sepotong Hati Yang BaruDaun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin,  sunset dan rosie,  aku kau dan sepucuk angpau merah,
  3. Genre fantasy : Ayahku Bukan PembohongHarga Sebuah PercayaSERIAL BUMI (Bumi, Bulan, Matahari, BintangCeros & Batozar serta buku kelima Komet). Komet Minor
  4. Genre ekonomi dan politiknegeri para bedebahnegeri di ujung tanduk.
  5. Genre action : pulang , pergi
  6. Genre sejarah : Rindu,
  7. Genre science and fiction bercampur romance, lingkungan hidup: Hujan 
  8. Kumpulan Quote : #About friends dan #About Love
  9. Kumpulan puisidikatakan atau tidak dikatakan, itu tetap cinta
  10. Genre Biografi tapi tidak pure lebih banyak unsur refleksi: Rembulan Tenggelam di Wajahmu
  11. Eksperimen berikutnya genre biografi (menceritakan kehidupan seseorang dari lahir sampai dengan meninggal): TENTANG KAMU 

Happy reading! 😊

With Love, ❤

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s