Review Buku NEBULA (Unedited Version) Karya Tere Liye

“Kamu adalah teman terbaikku, Selena. Kamu adalah saudaraku. Tidak ada yang boleh menyakitimu. Aku tidak akan pernah mengizinkannya.” (halaman 400/420)

Halo penggemar Serial Bumi, seperti yang sudah kita tahu di buku Komet Minor, di halaman terakhir Bang Tere mengatakan bahwa bukunya berlanjut ke buku ketujuh yaitu  Nebula yang berkisah tentang orangtuanya Raib. Apakah kamu sudah tahu bahwa sebelum Nebula ada buku ke 6.5 spin off berjudul Selena? Ada yang sudah baca Selena united version? Pada saat saya menulis artikel ini, buku versi cetaknya belum rilis. Nah, sebelum rilis versi cetak, saking pengen cepet-cepet baca, maka saya baca dulu unedited version Nebula yang sudah diunggah penulisnya sejak 30 Nopember 2019, dan bisa dibeli lewat Google Play Book. Kalau mau versi cetak, harap menunggu beberapa bulan lagi. Catatan dari penulisnya di halaman pertama: “Kalian sebaiknya telah membaca SELENA sebelum membaca NEBULA.”

Pengalaman jalan-jalan di Jepang, 2020: Menikmati The Wizarding World of Harry Potter di Universal Studios Japan, Osaka

Hayo, sudah ada yang bisa menebak kira-kira siapa orang tua Raib? Kalau kamu sudah baca buku Selena, pasti sudah bisa menebak dong, ya, siapa ibu dan ayahnya Raib. Kalau kamu berniat membaca buku Nebula, kamu mesti baca dulu buku Selena, karena ceritanya ada keterkaitan satu sama lain.

Buku Nebula ini banyak membuat saya tertawa dengan tinggah laku Sang Pengintai hebat yaitu Selena, yang seringkali ngeyel, melanggar peraturan (ya namanya juga pengintai) -__- Di satu satu sisi bikin ketawa, tapi di sisi lain bikin jleb, menyedihkan, menyesakkan dada, sekaligus terharu dengan kisah persahabatan tiga anak yang tak kalah indah seperti persahahabatannya Raib, Seli, dan Ali.

Baca: review buku SELENA (unedited version) karya Tere Liye

Selama empat tahun belajar di akademi, Selena bersahabat dengan dengan Mata—teman sekamarnya di asrama, kemudian juga dengan Tazk yang ganteng dan perhatian, mantan personel boyband yang sangat perfeksionis. Mereka saling mengisi satu sama lain. Dan yang lebih seru tentunya di buku ini masih ada Master Ox, dosen yang sangat disegani. Tapi Selena sering berurusan dengan Master Ox. Master Ox tahu, ketiga mahasiswanya ini: Selena, Mata dan Tazk, memiliki kemampuan yang spesial, sekali pun mereka membuat kekacauan, tapi dosen ini super perhatian. Kalau kesal dan marah sang master akan mengeluarkan kata-kata saktinya : “Bulan Sabit Gompal.”—kocak! 😀

Yang lebih beruntung diantara teman-teman seangkatannya adalah,Selena. Dia merupakan satu-satunya mahasiswa yang lolos seleksi kelas yang dosennya adalah Bibi Gill (Selengkapnya bisa baca di buku Selena unedited version) mengambil Mata Kuliah Malam dan Misterinya, namun sejak tahun kedua nama Mata Kuliahnya berubah menjadi Siang & Keramainnya.

“Besok lusa kamu akan paham, Selena. Dunia ini terkadang tidak terlihat hitam putih seperti yang kita inginkan. Dan dalam ambisi kekuasaan, intrik, pertempuran, kita boleh jadi tertipu oleh warna asli sesuatu. Bahkan warna diri sendiri sekalipun bisa menipu. Gelap mata. Gelap hati.”

“Aku tidak tahu perjalanan apa yang menunggumu di depan sana. Boleh jadi perjalanan yang menyakitkan. Pengintai diajarkan untuk menyelinap, membuka gembok, menyamar, dan semua teknik kegelapan lainnya. Tapi malam ini kita tahu, kamu punya teknik lain. Kemampuan menemukan hal-hal istimewa di sekitarmu. Teknik terang.”

 “Besok lusa, boleh jadi saat kamu membutuhkan penebusan atas kesalahan yang dilakukan, teknik terang itu akan berguna. Saat kamu bisa melihat bakat-bakat terbaik di dunia pararel. Misalnya saat kamu menemukan anak-anak dengan hati mulia disekitarmu. Mengumpulkannya, membentuknya menjadi tim, menjadikannya petualang terhebat yang pernah ada. itulah gunanya teknik tersebut. Apakah itu penting? Itu boleh jadi sangat penting di dunia pararel.” (halaman 190/420) – pesan Bibi Gill pada Selena.

Serial Bumi sudah ada edisi bahasa Inggris-nya, judul buku pertamanya EARTH Karya Tere Liye

Sumber: Screenshoot Google Play Book

Baca juga : review buku Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta

Kehidupan tiga sahabat di klan bulan, sebagaimana anak kuliah, sibuk dengan berbagai tugas, membuat paper dan banyak lagi. Nama mata kuliahnya unik-unik. Jangan salah, kalau di Klan Bumi ada skipsi, maka di Klan Bulan mahasiswanya di akhir perkuliahan mengerjakan …… 😀 Penasaran kan dengan kehidupan mahasiswa di Klan Bulan seperti apa? Silahkan baca bukunya, seru banget! Namun, saat mereka mengerjakan Proyek Akhir di Distrik Sungai-Sungai Jauh, maka disitulah petualangan yang sesungguhnya baru dimulai!

Ternyata Guru kesayangannya Raib ini, punya kisah persahabatan yang tak kalah seru ketika masa kuliah dan belajar di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi. Miss Selena ini punya ambisi kuat, dia juga masih diperalat dan dimanfaatkan oleh seseorang yang sangat jahat namun telah membantunya untuk bisa masuk di ABTT.  Apa yang terjadi dengan Miss Selena?  Kesalahan apa yang telah dilakukannya sehingga berkali-kali harus meminta maaf pada Raib—meski hanya lewat sebuah alat komunikasi, karena Miss Selena sedang disandera seseorang? Bagaimana cara Selena memecahkan misteri Cawan Keabadian? Bagaimana Selena tahu cara masuk ke portal Klan Nebula? Kehidupan seperti apa yang terjadi di Klan Nebula?

Yang pasti, ketika masuk Klan Nebula, kamu akan menemukan karakter-karakter baru, yang namanya super unik-unik. Asli, nih Bang Tere paling bisa bikin karakter dengan nama-nama aneh 😀 Yaa namanya juga beda Klan, mesti ada pembedanya. Kalau di Klan Bulan rata-rata penduduknya punya nama yang terdiri dari dua atau tiga suku kata, seperti bibi dan sepupunya Selena: Am, Im, Bibi Leh. Di klan Nebula ini karakter barunya merupakan nama yang baru saya temukan sepanjang saya baca buku-buku fiksi. Ah sudahlah, baca sendiri ya, atau nanti kita tunggu versi cetaknya 😀

Hal-Hal Menarik dari Serial Bumi

Sebagai penggemar Serial Bumi, buku ini jangan sampai kelewat dibaca, banyak pengetahuannya, ceritanya menarik, kamu juga bakal tahu bagaimana kisah cinta orangtuanya Raib. Tapi sepertinya serial ini bagaikan cerita yang tidak ada akhirnya -__- Kalau kamu penggemar Serial Bumi, ikutin terus kisah dan petualangan Raib, Seli, Ali, juga Miss Selena. Di Klan manakah orangtua Raib berada? Apakah orangtua Raib masih hidup? Akankah Raib, Seli, dan Ali, bisa menyelamatkan Miss Selena?

Selamat membaca bukunya 🙂

Sebenarnya banyak quote-quote bagus dalam buku Nebula, mmm tapi kita tunggu edisi cetaknya saja, ya 🙂

Note: buat penggemar lama  Serial Bumi yang mengikuti kisahnya dari buku pertama, mungkin sudah tidak kaget lagi dengan halaman akhir setiap kali selesai membaca buku serial ini 😀 Buat para penggemar baru dan semoga akan bertambah banyak lagi penggemar serial ini, selamat datang dan selamat bergabung wahai penikmat serial bumi, selamat menikmati serial never ending stories ini hehe 😛

Info tentang buku Nebula saya dapatkan dari akunnya Bang Tere @tereliyewriter

View this post on Instagram

Ebook SELENA & NEBULA sudah bisa dibeli di google play. Search dengan: 'NEBULA unedited' dan atau 'SELENA unedited', nanti ketmu link ebook resminya. Kalian juga bisa membeli 30 lebih buku lain di sini. Search dengan: 'TERE LIYE unedited' Kami merilis dan menjual versi original (alias unedited); naskahnya lebih tebal tanpa dipotong redaksi penerbit. Kami menghimbau agar kalian tidak mencopy-paste, memperjualbelikan ebook ilegal; hanya di google book yang resmi dan legal. Buat yang mau edisi cetaknya, harap bersabar, Insya Allah 2 bulan lagi beredar buku fisiknya. **ami tahu, ada buanyak tukang bajak yang kepo dengan page ini. Tapi ayolah, jangan mencuri ebook, jangan memperjualbelikannya. Pun jangan pula dicetak. Pembajak ini saking semangatnya, mereka bisa merilis versi cetak lebih cepat dibanding penerbit. Dan kami menghimbau agar PEMBACA tidak membeli dari mereka. Di tokopedia, shopee, bukalapak, dll, JIKA ada buku Tere Liye yang dijual dibawah 30.000, itu bisa dipastikan bajakan.

A post shared by Tere Liye (@tereliyewriter) on


Hal yang membuat saya selalu tertarik dan tidak bosan membaca buku-buku karya Tere Liye, salah satunya Tere Liye menyajikan buku dengan banyak genre. Dari puluhan buku yang sudah ditulisanya, berikut ini buku-buku Tere Liye yang sudah saya baca dan review:

NOVEL GENRE ANAK-ANAK & KELUARGA :

  1. Hafalan Solat Delisa,
  2. Moga Bunda Disayang Allah,
  3. Bidadari-Bidadari Surga  recover dan retitle mrnjadi Dia adalah Kakakku,
  4. Eliana, recover dan retitle menjadi Si Anak Pemberani,
  5. Burlian, recover dan retitle menjadi Si Anak Spesial,
  6. Pukat,   recover dan retitle menjadi Si Anak Pintar,
  7. Amelia,recover dan retitle menjadi Si Anak Kuat,
  8. Si Anak Cahaya
  9. Si Anak Badai,

GENRE ROMANCE : 

  1. Berjuta Rasanya,
  2. Sepotong Hati Yang Baru
  3. Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin,
  4. Sunset Bersama Rosie, recover dan retitle menjadiSunset dan Rosie,
  5. Aku Kau dan Sepucuk Angpau Merah,

GENRE FANTASY:

  1. Ayahku Bukan Pembohong,
  2. Sang Pengintai, recover dan retitle menjadi  Harga Sebuah Percaya,
  3. Bumi,
  4. Bulan,
  5. Matahari,
  6. Bintang,
  7. Ceros & Batozar
  8. Komet
  9. Komet Minor
  10. Selena (unedited version),
  11. Nebula (unedited version)

GENRE POLITIK & EKONOMI:

  1. Negeri Para Bedebah,
  2. Negeri di Ujung Tanduk.

GENRE ACTION:

  1. Pulang
  2. Pergi

Genre science and fiction bercampur romance, lingkungan hidup:

  1. Hujan 

Genre Biografi tapi tidak pure lebih banyak unsur refleksi: 

  1. Rembulan Tenggelam di Wajahmu

KUMPULAN PUISI:

  1. Dikatakan atau Tidak Dikatakan Itu Tetap Cinta
  2. Sungguh, Kau Boleh Pergi

KUMPULAN QUOTE:

  1. #About friends
  2. #About Love
  3. #About Life

GENRE SEJARAH:

  1. RINDU

GENRE BIOGRAFI

  1. TENTANG KAMU 

BUKU TERE LIYE Yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris

Buku-Buku Serial Karya Tere Liye:

  1. Buku Serial BUMI
  2. Buku Serial ANAK NUSANTARA
  3. BUKU SERIAL ANAK-ANAK MAMAK

 

Sumber gambar: Google Play Books dan Instagram

Happy reading! 📚 📖😊

With Love, ❤️💙

11 thoughts on “Review Buku NEBULA (Unedited Version) Karya Tere Liye

  1. Mantaaap mbak ai. Saya baca TL sejak hafalan salat delisa cover hitam tahun 2006 lalu berlanjut ke novel-novel dia yg lain. Tulisan-tulisannya menemani masa remaja saya. Sederhana penyampainnya maka bisa dikonsumsi anak SMP SMA macam saya dulu 🙂

    Liked by 1 person

    1. Terima kasih, Kak Sekar.
      Wah sama, saya pertama kali baca bukunya TL berjudul hafalan salat delisa, tapi bacanya tahun 2010, dan hingga saat ini masih setia menunggu karya TL.
      Semoga kak Sekar tetap masih membaca dan suka karyanya TL 😊
      Buku-buku TL memang ada yg khusus remaja, anak-anak, keluarga hingga dewasa,menjangkau semua pembaca

      Setuju, penyampaiannya memang sederhana tapi mengena

      Mantap Kak❤️ Sekar, susah lama membaca karyanya TL 👍👍

      Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s