[Review Buku]: Sepotong Hati Yang Baru Karya Tere Liye

Sinopsis:  Kita hanya punya sepotong hati, bukan? Satu-satunya. Lantas bagaimana kalau hati itu terluka? Disakiti justru oleh orang yang kita cintai? Aduh, apakah kita  bisa mengobatinya? Apakah luka itu bisa pulih, tanpa bekas? Atau jangan-jangan, kita harus menggantinya dengan sepotong hati yang baru? 

Lantas, apakah tetap cinta namanya meski telah kehilangan kepercayaan dan komitmen? Apakah kita bersedia mengorbankan cinta demi kepentingan yang lebih besar, atau tetap dengan ego demi kebahagiaan sendiri? Ada banyak pertanyaan tentang sepotong hati ini.

Semoga datanglah pemahaman baik itu. Bahwa semua pengalaman cinta dan perasaan adalah spesial. Sama spesialnya dengan milik kita. Tidak peduli sesederhana apa pun itu, sepanjang dibungkus dengan pemahaman-pemahaman yang baik.

Selamat membaca cerita-cerita Sepotong Hati yang Baru.  Buku ini berisi kumpulan cerita.  Ada 8 kisah pendek yang tidak berkaitan satu sama lain namun masih dalam satu tema yang sama, yaitu tema yang berhubungan dengan cinta dan patah hati. Kumpulan cerita dalam buku ini tetap layak dinikmati, bagi para penikmat buku-buku Tere Liye. Selalu saja ada kalimat yang bisa saya renungkan, dari kisah-kisah dalam buku ini.  Selamat menikmati.  Kalau belum baca Berjuta Rasanya, jangan lupa, baca juga bukunya 👍

Baca : About Life (2019) karya Tere Liye

 

Judul Buku          :  Sepotong Hati Yang Baru
Penulis                 : Tere Liye
Penerbit               : Mahaka Publishing
Tahun Terbit        : Cetakan I, Oktober 2012.  Cetakan XXV, Maret 2018
Jumlah Halaman:  206 Halaman

Baca juga: Resensi buku Komet Minor, Komet, serta Ceros dan Batozar karya Tere Liye

Kalimat-kalimat favorit saya dalam buku Sepotong Hati Yang Baru:

  1. Ada seseorang dalam hidupmu yang ketika ia pergi, maka ia juga membawa sepotong hatimu.”
  2. Dalam hidup ini, kita masih beruntung karena kita selalu punya banyak pilihan. Apa pun masalah kita, tetap saja banyak pilihan solusi yang tersedia. (halaman 28)
  3. Hidup adalah perjuangan bukan? Kebahagiaan harus direngkuh dengan banyak pengorbanan. (halaman 40)
  4. Jika kau memahami cinta adalah perasaan irasional, sesuatu yang tidak masuk akal, tidak butuh penjelasa, maka cepat atau lambat, luka itu akan kembali menganga. Kau dengan mudah membernarkan apa pun yang terjadi di hati, tanpa tahu, tanpa memberikan kesempatan berpikir bahwa itu boleh jadi karena kau tidak mampu mengendalikan perasaan tersebut. Tidak lebih, tidak kurang. (halaman 51)
  5. “….. mau sesakit apa pun rasanya dihina orang lain, mau sesebal, sebenci apa pun, lu nggak pernah sendirian. Gue akan selalu menjadi teman baik. Gue akan selalu bersedia mendengarkan…” (halaman 133)
  6. Cinta bukan sekedar soal memaafkan, bukan cuma soal menerima apa adanya. Cinta adalah harga diri (halaman 162)
  7. Kesabaran selalu menaklukkan apapun.
  8. Hidup dengan mengenang masa lalu dari sisi positif lebih dari menyenangkan.  
  9. Aku tidak akan pernah bisa melanjutkan hidup dengan hati yang hanya tersisa separuh. Tidak bisa. Hati itu sudah rusak, tidak utuh lagi. Maka aku memutuskan membuat hati yang baru. Ya, hati yang benar-benar baru.
  10. Dalam hidup ini, kita masih beruntung, karena kita selalu punya banyak pilihan. Apapun masalah kita, tetap saja banyak pilihan solusi yang tersedia.

Hal yang membuat saya selalu tertarik dengan buku-buku karya Tere Liye, salah satunya Tere Liye menyajikan buku dengan berbagai genre, dari puluhan buku yang sudah ditulisanya, berikut ini genre-genrenya:

  1. Genre Novel anak – anak dan keluarga : Hafalan Solat Delisa, Moga Bunda Disayang AllahBidadari-Bidadari Surga (recover jadi Dia adalah Kakakku), kemudian ada serial Anak-Anak Mamak  ada : ElianaBurlianPukat dan Amelia,
  2. Genre romance : Berjuta Rasanya, Sepotong Hati Yang BaruDaun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin,  sunset dan rosie,  aku kau dan sepucuk angpau merah,
  3. Genre fantasy : Ayahku Bukan PembohongHarga Sebuah PercayaSERIAL BUMI (Bumi, Bulan, Matahari, BintangCeros & Batozar serta buku kelima Komet).
  4. Genre ekonomi dan politiknegeri para bedebahnegeri di ujung tanduk.
  5. Genre action : pulang , pergi
  6. Genre sejarah : Rindu,
  7. Genre science and fiction bercampur romance, lingkungan hidup: Hujan 
  8. Kumpulan Quote : #About friends dan #About Love
  9. Kumpulan puisidikatakan atau tidak dikatakan, itu tetap cinta
  10. Genre Biografi tapi tidak pure lebih banyak unsur refleksi: Rembulan Tenggelam di Wajahmu
  11. Eksperimen berikutnya genre biografi (menceritakan kehidupan seseorang dari lahir sampai dengan meninggal): TENTANG KAMU 

Happy reading! 📖😊

With Love, ❤️

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s