(Review Buku] : Ceros dan Batozar karya Tere Liye

spin-off serial bumi – Baca juga tentang hal-hal menarik dari buku SERIAL BUMI

Judul Buku : CEROS & BATOZAR

Penulis        :  Tere Liye, 

Tahun Terbit : Mei 2018.

Penerbit       : PT. Gramedia Pustaka Utama

Jumlah Halaman :  359 halaman

Sinopsis: 

Awalnya kami hanya mengikuti karyawisata biasa seperti murid-murid sekolah lain.  Hingga Ali, dengan kegeniusan dan keisengannya, memutuskan menyelidiki sebuah ruang kuno.  Kami tiba di bagian dunia pararel lainnya, menemui petarung kuat, mendapat kekuatan baru serta teknik-teknik menakjubkan. Dunia pararel ternyata sangat luas, dengan begitu banyak orang hebat di dalamnya.

Kisah ini tentang petualangan tiga sahabat.  Raib bisa menghilang.  Seli bisa mengeluarkan petir. Dan Ali bisa melakukan apa saja.

Buku ke-4,5, dari serial “BUMI”

Buku ini juga berkisah tentang persahabatan yang mengharukan, pengorbanan yang tulus, keberanian, dan selalu berbuat baik. Karena sejatinya, itulah kekuatan terbesar di dunia paralel.

Novel Ceros dan Batozar adalah novel spin-off, buku ke 4 1/2 (empat setengah).  Sebaiknya baca novel ini jika hendak baca komet, biar lengkap.  Tapi lompat pun tidak masalah 😊

Spin-off itu adalah novel yang dibuat secara khusus untuk menceritakan sebuah kejadian atau menceritakan sebuah karakter yang memang punya fanbase tersendiri.  Ibaratnya spin-off ini adalah novel pribadinya seorang karakter gitu.  Biasanya yang dibikin spin-off itu adalah karakter yang memang sudah kuat banget dan bisa mencuri perhatian dari para penikmat film. 

Baca juga: Resensi buku Komet Minor (Maret terbit 2019), Komet, serta Ceros dan Batozar karya Tere Liye

Sesuai dengan judul bukunya, novel ini  terdiri dari dua cerita yang berbeda, yaitu Ceros dan Batozar.

CEROS.  Saat sedang karyawisata ke situs warisan dunia, guru sejarahnya Ibu Ati yang kemampuannya melebihi seorang pemandu wisata dalam menjelaskan sejarah secara detail sedang menjelaskan, Ali merasa bosan,  ternyata sensor mendeteksi kekuatan yang sangat besar dengan skala 10.  Akhirnya mereka memutuskan untuk mencari tahu. Dengan menggunakan Ily versi 5, benda terbang paling canggih di bumi. Ali si genius, menambahkan banyak fitur baru di kapsul ini.  Ily sekarang bisa berkomunikasi secara sempurna, termasuk dipanggil dari jarak jauh. Dia bisa bicara. Cerewet malah. Menariknya, ternyata Ali menambahkan sensor yang dinamakan SuperRaib! Kekuatan baru Ily.  (Asli bagian ini kocak, ternyata Raib begitu menginspirasi Ali 😋☺🤩). “Raib bisa berbicara dengan alam.  Begitulah, aku terinspirasi.  Jadi kunamakan sensor paling kuat ILY dengan nama tersebut.” (Hlmn 25).

Sekarang,  KOMET MINOR SUDAH TERBIT (11 Maret 2019).  Silahkan baca review  buku keenam :  KOMET MINOR

Bersama ILY, mereka masuk ke perut bumi, tepat di bawah bangunan kuno. Tempat itu bernama Bor-O-Bdur. Di pintu masuk lorong tersebut, terdapat dua patung manusia berkepala badak. Saat memasuki ruangan itu, tak ada bahaya yang mengancam. Hingga matahari di ruangan tersebut terbenam, mereka diserang manusia berkepala badak. Tak hanya satu, tapi ada dua.  Selama satu jam mereka bertarung, mereka sudah kehabisan tenaga. Badak-badak itu sangat kuat.  Yang pasti dua monster ini menguasai semua teknik bertarung dunia pararel, seperti teleportasi, pukulan berdentum, teknik kinetik, sambaran petir, bahkan diluar itu, yang belum pernah kami lihat.  Tongkat peraknya mirip milik Faar, dalam versi yang lebih besar dan kuat. 

Baca juga: review buku JANJI (unedited version) karya Tere Liye

Sebentar lagi mereka akan kalah. Tapi sebelum itu terjadi, matahari di ruangan sudah kembali terbit. Kedua badak tadi tetiba menghilang, digantikan dua pria kembar yang baik hati menolong mereka. Kedua orang itu adalah Nglanggeran dan Nglanggeram. Mereka dari klan Aldebaran.  Aldebaran.  Itu bintang paling terang di konstelasi Taurus.  Jaraknya 65 tahun cahaya dari Matahari.  Salah satu bintang dalam tata Surya kita. 

Nglanggeran dan Nglanggeram menjelaskan tentang keberadaan badak atau mereka menyebutnya ceros. Mereka juga mengatakan bahwa tidak ada jalan keluar dari ruangan tersebut. Ruangan itu sudah diberi tameng agar kedua ceros tidak bisa keluar karena jika ceros keluar mereka bisa menghancurkan bumi di permukaan. Hanya ada satu bisa keluar dari ruangan itu, mereka harus menggunakan sesuatu yang bisa mengubah ceros ke wujud aslinya. Namun, sesuatu itu sudah dicuri ribuan tahun lalu.  Itu artinya mereka terjebak selamanya disana. Ali tahu, benda yang dicuri dari Bor-O-Bdur dua ribu tahun lalu, benda yang dicuri oleh si Tanpa Mahkota.

Ikutin terus kisah seru petualangan Raib, Seli dan Ali, dalam buku SERIAL BUMI

Berikut ini bagian-bagian favorit saya dari cerita tentang Ceros :

  1. Namun, kita tetap harus waspada.  Kami kenyang dengan petualangan di dunia pararel.  Sebuah ruangan akan lebih berbahaya justru ketika tampak lenggang, tidak ada isinya.  Kami tidak tahu apa yang menunggu di balik bangunan setengah bola misalnya.  (Halaman 37).
  2. Tapi di atas segalanya, teknologi adalah cara terbaik.  Jelas sekali ruangan ini memiliki penangkal.  Tidak ada teknologi pemetaan geologi milik penduduk Bumi yang bisa mendeteksinya.  Itu yang membuat ruangan tersebut tidak pernah diketahui.  (Halaman 40).
  3. Inilah latihan kami.  Saling mengisi.  Saling melindungi.  Bergerak cepat.  (Halaman 57)
  4. Kami juga membuat siklus siang dan malam lebih pendek di ruangan ini, agar ceros tidak merusak banyak hal terlalu lama.  Inilah ruangan tersebut.  Bor-O-Bdur, tempat kami terkunci entah berapa lamanya.  (Halaman 73).
  5. “Aku selalu percaya, masih ada cara keluar dari ruangan ini. Aku akan memikirkannya.”  (Halaman 90)
  6. Aku ingin sekali seperti Ali, yang selalu tenang dan santai dalam setiap masalah.  Entahlah, apakah itu kelebihan atau kelemahan, aku tidak tahu.  Ali yang meskipun kusam dengan rambut berantakan, tapi—- (Halaman 91)
  7. “Itu bukan sihir.  Itu teknologi.  Hanya karena kita tidak bisa memahami logikanya, bukan berarti itu tidak masuk akal.” (Halaman 93).
  8. “Bagi si kembar, tubuh mereka, alam sekitar adalah komputer sekaligus printer. Mereka melihat ruang dan waktu seperti kode biner, sistem digital.  Jika kita tahu logiknya, tahu caranya, itu bukan sihir.  (Halaman 95).
  9. “Kalian harus tahu, kita bukanlah pihak yang menyedihkan di dalam ruangan ini.  Secara selintas, orang-orang mungkin akan lebih bersimpati kepada kita.  Pembaca kisah petualangan kita juga lebih menyukai kita.  Tetapi, sebenarnya si kembarlah yang paling pantas mendapatkan simpati.  (Halaman 105)
  10. Ketika pertolongan yang aku butuhkan seperti enggan muncul, ternyata kekuatan ketulusan selalu berhasil mencungkil kuncinya di detik terakhir. (Halaman 122)
  11. Kami tahu sekarang, masih ada orang-orang dengan ketulusan bersedia mengorbankan diri demi sahabat.  Kalian masih muda, tapi telah menunjukkan kekuatan besar di dunia pararel.  Ketahuilah, bukan teknik bertarung, bukan menghancurkan gunung-gunung kekuatan terbaik dunia pararel, melainkan persahabatan.  Selalu berusaha menjadi orang yang baik dan berani. (Halaman 124)
  12. “Itu hal yang besar, Ali.  Kamu bersedia mengorbankan dirimu agar kami pulang.”  (Halaman 128)
  13. “Baiklah, jika kamu betulan ingin berterima kasih,berjanjilah mulai hari ini akan memanggilku ‘Ali, teman terbaik di seluruh galaksi Bima Sakti.’  Juga berhenti menyebutku si biang kerok, kusut, jarang mandi, dan sebaganya.  Itu sama sekali tidak sopan.”  (Halaman 128).
  14. “Ngglanggeram membisikkan kalimat, ‘Ali kami harus tahu, Raib sangat menyukaimu.’ Dia membisikkan itu.” (Halaman 129).

BATAZOR. Selain sebagai kriminal, Batozar juga memiliki teknik klan Bulan terbaik dan terlengkap.  Dia juga menguasai kepandaian menggunakan tangan, kaki, seni berkelahi tingkat tinggi, sekaligus pengintai terbaik. Seratus tahun lalu sebelum dipenjara, Batozar adalah ahli dari para ahli pengintai. Ia juga bisa menggunakan cermin sebagai portal lorong berpindah. Itu teknik langka, mungkin hanya hitungan jari orang bisa melakukannya.

Baca juga tentang hal-hal menarik dari buku SERIAL BUMI

Seminggu setelah karyawisata, ada berita menggemparkan, sebuah UFO tertangkap kamera di situs bangunan kuno. Mendengar berita tersebut, Raib marah pada Ali karena menganggap UFO itu adalah ILY dalam mode terlihat. Ali begitu ceroboh.

Baca: review Laskar Pelangi

Setelah dikonfirmasi, UFO itu bukanlah ILY. Miss Selena yang menjelaskan semuanya. Itu adalah kapsul yang dicuri oleh Batozar Sang Penjagal, tahanan Klan Bulan yang sudah dipenjara selama 100 tahun karena kejahatannya membunuh keluarga Ketua Komite Klan Bulan sebanyak 14 orang. Kini dia melarikan diri, mencuri kapsul terbang itu, dan berada di Klan Bumi.

Sungguh tak terduga ternyata mereka bertigalah yang pertama kali melihat Batozar. Wajahnya begitu menyeramkan. Tapi tentu saja tak menyurutkan niat mereka untuk mencari tahu lebih lanjut. Ali bahkan menempelkan alat pelacak di tubuh Batozar. Tak lupa mereka memberi tahu Miss Selena. Mengetahui posisi Batozar, Miss Selana, Pasukan Klan Bulan, serta Raib, Seli, Ali segera menemui Batozar.

Batozar tidak melarikan diri saat ditemukan. Wajahnya dingin, seakan tidak peduli. Dia justru sedang asik melukis. Pasukan Klan Bulan memberikan tawaran pada Batozar agar menyerahkan diri secara sukarela, jika tidak, mereka akan membunuhnya. Batozar menolak. Hanya dengan tangan kosong, Batozar bisa mengalahkan Pasukan Klan Bulan dan Miss Selena. Raib, Seli, Ali tak bisa tinggal diam. Mereka membantu menolong.  Disaat itulah Batozar mengetahui tujuannya ternyata sudah dekat sekali. Dia mencari Raib, Putri Bulan yang bisa berbicara dengan alam. Batozar ingin Raib memutarkan kenangan anak dan istri Batozar. Dia hanya ingin mengingat wajah anak dan istrinya yang sudah lama terlupakan.  Karena Raib tak bisa mengeluarkan kekuatan itu dengan mudah, akhirnya Batozar membawa Raib, juga Seli dan Ali, ke tempat yang sangat jauh meninggalkan Miss Selena dan Pasukan Klan Bulan. Batozar menggunakan cermin sebagai portal untuk berpindah tempat.

Cukup emosional membaca kisah Batozar. Bagaimana bisa Raib memutarkan kenangan orang lain sementara dia sendiri tak mampu mengetahui kisahnya sendiri, siapa orang tua kandung Raib.

Berikut ini bagian-bagian favorit saya dari cerita tentang Batozar :

  1. Masalahnya,Ali itu seperti magnet serius bagi masalah besar.  Masalahlah yang menempel mencari-cari dia. (Halaman 156)
  2. “Jika semua bisa ditebak, semua baik-baik saja, itu tidak seru.  Itu bukan petualangan.”  (Halaman 169)
  3. Bagaiamana cara menemukan Batozar?  Jawabannya ternyata bukan dengan teknologi tinggi, bukan dengan sensor dunia pararel, tapi cukup ikuti polanya secara manual.” (Halaman 207)
  4. “Kabar itu benar.  Kalian jelas petarung yang terlatih, saling melengkapi.  (Halaman 237)
  5. Bahwa seorang anak muncul di kota Tishri.  Dia memiliki seluruh teknik klan Bulan termasuk teknik penyembuhan yang langka sekali.  Anak itu bertualang ke dunia pararel bersama teman-teman terbaiknya, petarung dari klan matahari dan klan bumi.  Dia mewarisi Buku Kehidupan. Wajahnya bersinar seperti bulan purnama.  Dia putri Klan Bulan.  (Halaman 239).
  6. Serangan paling mematikan justru berasal dari sentuhan lembut.  Serangan terhebat bukan sesuatu yang datang dengan fantastis, spektakuler.  Serangan terhebat justru datang dari kesabaran.  Menunggu.  Keheningan.  (Halaman 269).
  7. Pertahanan terbaik adalah membelokkan, menantulkan, menyerap, menjadikan serangan lawan sebagai pertahanan.  (Halaman 269).
  8. Aku sungguh tidak pernah menyuruh orang lain berharap banyak kepadaku, karena aku hanyalah remaja usia enam belas tahun.  Bukan salahku jika aku tidak bisa memenuhi harapan mereka.  Bahkan aku tidak selalu bisa memenuhi harapan Seli dan Ali, sahabat terbaikku.  (Halaman 293)
  9. “Kalian bertiga memiliki persahabatan yang unik dan kuat.”  (Halaman 318).
  10. Setelah ribuan tahun, aku akhirnya bisa melihat sendiri, tidak hanya membaca lewat buku-buku.  Ketika seorang pemilik keturunan murni melakukan teknik itu.” (Halaman 345).
  11. Kamu telah memenuhi keinginan tarakhirnya, Raib.  Itu jelas tidak sia-sia.  Itu sangat berarti.  (Halaman 347).
  12. Aku tidak bisa membayangkan situasi apa yang akhirnya membuat Raib bisa memutar kenangan atas orangtuanya.  Bisa saja itu tak terbayankan, dan menurutku, lebih baik misteri itu terbuka tanpa harus dengan teknik itu.  (Halaman 348)
  13. Kita akan segera bertemu lagi dengannya, Ra.  Dia akan menjadi sekutu terkuat kita menghadapi si Tanpa Mahkota.  (Halaman 351)
  14. “Ali sebenarnya memperhatikanmu.  Sejak kita pulang dari Klan Bintang, dia selalu memperhatikanmu.  Bagi Ali, murid-murid perempuan lain itu tidak penting.  Kamulah yang penting.” (Halaman 358)

Dalam novel ini, untuk kisah  Ceros, Ali tahu bagaimana rasanya dalam posisi seperti si kembar.  Sementara untuk kisah Batazor, Raib tahu bagaimana rasanya dalam posisi seperti Master B, alias Batazor.  Karena kisah mereka mirip, seperti Ali yang bisa berubah jadi beruang dengan pemicu rasa marah, si kembar bisa berubah jadi badak bercula saat malam tiba.  Untuk mengendalikannya mereka membutuhkan sarung tangan klan bumi. Kalau Raib dan Batazor, mereka tidak mengingat kenangan orang-orang yang dicintainya.  Bedanya, kenangan Batozar terhadap istri dan anak-anaknya dihapus oleh komite Klan Bulan, sementara Raib hingga hari ini tidak tahu seperti apa wajah orangtua kandungnya. 

Baca: The Art of Giving Back

Seneng banget di buku ini, saat Raib yang sering berantem dengan Ali, tapi mereka sebenarnya mereka saling memperhatikan 😄 Dan yang paling seru, saat Seli ngerjain Ali yang lagi basket, bilang kalau Ra, keseleo, uhuk! 😁😆 Duh Seli, tapi keren juga Sel, persahabatan mereka ini selalu seru dan menyenangkan 😊👍 Kemudian, meskipun Ali ini genius dan biang kerok, dalam memutuskan masalah genting ia dan Seli selalu membutuhkan persetujuan dari Ra. Buat saya, serial Bumi ini di setiap bukunya selalu asik dan seru untuk dibaca,selalu saja ada kejutan dan jalan ceritanya karena susah di tebak, jadi ya dinikmati saja 😊 Selesai baca buku ini, lanjut ke serial bumi buku kelima berjudul KOMET! Wohooo! dan nantikan Komet Minor di tahun 2019

Hal yang membuat saya selalu tertarik dan tidak bosan membaca buku-buku karya Tere Liye, salah satunya Tere Liye menyajikan buku dengan banyak genre. Dari puluhan buku yang sudah ditulisanya, berikut ini buku-buku Tere Liye yang sudah saya baca dan review:

NOVEL GENRE ANAK-ANAK & KELUARGA :

GENRE ROMANCE : 

GENRE FANTASY:

GENRE POLITIK & EKONOMI:

GENRE ACTION:

Genre science and fiction bercampur romance, lingkungan hidup:

Genre Biografi tapi tidak pure lebih banyak unsur refleksi: 

KUMPULAN PUISI:

KUMPULAN QUOTE:

GENRE SEJARAH:

GENRE BIOGRAFI

Buku Cerita Anak Bergambar versi Bahasa Indonesia yang sudah terbit bukunya:

BUKU TERE LIYE Yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris

Buku-Buku Serial Karya Tere Liye:

Ebook yang sudah baca di Google Play Book

Baca juga:

Baca juga:

Happy reading! 🙂