[Review Buku] : SI ANAK PINTAR Karya Tere Liye

“Kitalah yang paling tahu seperti apa kita, sepanjang kita jujur terhadap diri sendiri. Sepanjang kita terbuka dengan pendapat orang lain, mau mendengarkan masukan dan punya sedikit selera humor, mentertawakan diri sendiri. Dengan itu semua kita bisa memperbaiki perangai.” (Halaman 94)

Judul Buku          : SI ANAK PINTAR
Penulis                 : Tere Liye
Penerbit               : Republika Penerbit
Tahun Terbit      : Cetakan 1, Desember 2018
Jumlah Halaman: 345 halaman

Sinopsis:

“Kau bukan Pukat si anak yang pintar… kau lebih dari itu, kau Pukat si anak yang genius.”

Buku ini tentang Pukat, si anak paling pintar dalam keluarga. Masa kecilnya dipenuhi petualangan seru dan kejadian kocak—serta jangan lupakan pertengkaran dengan kakak dan adik-adiknya. Tapi apakah dia mampu menjawab teka-teki hebat itu, apakah harta karun paling berharga di kampung mereka?  Dari puluhan buku Tere Liye, serial buku ini adalah mahkotanya.

Buku ini merupakan buku ketiga dari serial anak nusantararecover dari buku berjudul Pukatserial anak-anak Mamak. Secara cover, yang sekarang lebih fresh walaupun secara cerita tetap sama. Tapi uniknya, meskipun saya membaca cerita yang sama, namun dengan judul berbeda, tidak sedikit pun menyisakan kebosanan saat membaca buku ini. Tetap seru dan membuat terharu. Saya rasa, buku ini bisa dinikmati oleh semua umur: anak-anak, remaja, dewasa juga orang tua. Buku ini juga sangat penting dibaca anak-anak jaman sekarang, kita diajak bernostalgia di jaman tahun 1970-1980. Dimana kehidupan masih sangat sederhana namun membahagiakan, meskipun teknologi belum semaju sekarang. Buat anak-anak jaman sekarang, lewat serial Anak Nusantara akan tahu tentang bagaimana indahnya anak-anak kala itu. 👍👍❤️❤️

Baca juga: Resensi buku Komet Minor (Maret terbit 2019), Komet, serta Ceros dan Batozar karya Tere Liye

Pukat, anak kedua dari Mamak dan Bapak. Kakaknya Amelia dan Burlian, adiknya Eliana.  Buku yang terdiri dari 25 bab ini, seakan mengajak saya berpetualang bersama Pukat dengan segala keunikan, kepintaran hingga kenakalan khas anak-anak, yang hidup di kampung dan saat itu belum masuk listrik, dimana saat malam masih mengandalkan penerangan dari petromak dan lampu canting.

Cerita diawali dengan perjalanan Pukat bersama Bapak dan Burlian naik Kereta Api ke kota. Menyibak misteri terowongan, hingga pengalaman pertama naik kereta tersebut justru saat masuk terowongan mereka mengalami perampokan yang dilakukan secara berkelompok. Dalam kegelapan semua penumpang dalam kereta mengalami ketakutan, kecemasan dan prasangka siapa dalang perampokan tersebut. Bayangkan saja, dalam kegelapan bagaimana kita bisa mengenali wajah perampok? Namun, berkat kepintaran Pukat, masalah perampokan dalam kereta pun terpecahkan!

Baca: Resensi SI  ANAK BADAI Karya Tere Liye

Membaca buku Pukat ini sangat mengharukan. Pada bab seberapa besar cinta Mamak, selalu saja ceritanya menyesakkan dada, namun memberikan makna tentang betapa besar dan luasnya kasih sayang Mamak terhadap anaknya.  Karakter -karakter dalam buku ini juga sangat kuat seperti karakter Wak Yati (kakak Bapak-nya), Pak Bin, sahabatnya Raju, Saleha, Can  dan banyak lagi.

Baca juga: Si Anak Cahaya (kisah tentang masa kecil Mamak)

Tentu saja, saya sangat suka dengan karakter Pukat, serta semua anak-anak Mamak. Bagian tentang pelajaran menghargai sebutir nasi yang mengharuskan Pukat dan Burlian membantu Bapak membuka lahan baru dan membantu Mamak mengurus padi di lahan baru, ini bagian yang mengharukan sekaligus pelajaran yang sangat  berarti untuk kehidupan mereka. Buku bacaan yang keren, cerita yang bagus, membacanya mulai dari lembar pertama selalu sukses untuk segera melahap lembar demi lembar sampai habis. Tentunya, yang bikin penasaran adalah mengetahui ending yang susah ditebak. Kalau di awal kita akan menyangka sahabat baiknya Pukat meninggal saat banjir bandang, ternyata ending cerita akan ada jawaban tentang kemanakah sahabat Pukat tersebut. Ternyata kisah Bapak yang tidak ingin memegang senapan lagi (ceritanya ada di buku si Anak Spesial), maka di akhir bab ini akan menemukan jawaban terkait surat yang Burlian kirimkan saat Pukat masih berkutat dengan penelitian di Amsterdam. Sehingga melalui surat itulah, akhirnya teka teki Wak Yati terkuak dan Pukat pun memenuhi janjinya untuk datang ke Wak Yati, meski kini jawaban teka teki tersebut hanya bisa disampaikan di atas pusara Wawak kesayangannya.

Baca juga : Si Anak Kuat (adiknya Burlian – si bungsu bernama Amelia)

Banyak moral of lesson dari buku Si Anak Pintar dan Serial anak Nusantara, dalam buku ini saya belajar tentang bagaimana menghargai sebutir nasi (gara-gara kasus Burlian dan Pukat yang tidak menghabiskan sarapan, mereka di hukum dengan membantu Bapak membuka lahan baru di hutan untuk ditanami padi). Pelajaran tentang harus patuh dan nurut sama perintah Mamak (lihatlah gara-gara tidak nurut, Pukat dihukum Mamak, bagian ini saat Mamak mengurus Pukat yang lagi sakit, betul-betul membuat saya terharu 😂😂😂). Tentang memaafkan atas sikap sahabat yang tidak menyenangkan, tentang tidak boleh ghibah atau membicarakan orang lain (temukan ceritanya di bab pipa pembuangan terkotor). Pelajaran tentang kejujuran, saat pukat membantu Ibunya Ahmad berjualan (temukan di bab kaleng kejujuran). Tentang pengabdian seorang guru yaitu Pak Bin, punya sejuta cara untuk membuat belajar menjadi hal yang sangat menyenangkan, rajin memberikan PR, dan dedikasinya kepada murid-murid benar-benar  sangat menginspirasi.  Pak Bin memang istimewa.  Meski terkadang harus mengurus tiga kelas secara bersamaan – meski terkadang harus mengeluarkan uang sendiri untuk membeli peralatan sekolah kami, dia tidak pernah melihat mengeluh.  Dua puluh lima tahun Pak Bin menjadi guru di sekolah, hampir seluruh anak-anak di kampung hingga orang dewasa pernah menjadi murid Pak Bin.  Pengabdian yang panjang dan dia melakukannya dengans senang hati.  Dia senantiasa menyuruh kami jangan pernah berhenti percaya.  Sekolah akan menjadi jalan masa depan yang lebih baik bagi kami.  (halaman 61-62).  Sungguh bacaan yang sangat bagus 👍

Baca juga : Si Anak Spesial (adiknya Pukat –  bernama Burlian)

Serial Bumi sudah ada edisi bahasa Inggris-nya, judul buku pertamanya EARTH Karya Tere Liye

Mr. CRACK Dari Pare Pare

Berikut ini kalimat-kalimat favorit saya dalam buku Si Anak Pintar:

  1. “Oi, tak ada pertanyaan, dijawab pertanyaan.” -Bapak kepada Burlian (halaman 2)
  2. “Kau memang berbeda, Burlian.  Kau selalu saja banyak bertanya, sampai kau malas berpikir sendiri.”  (halaman 3)
  3. “Nah, kau seharusnya seperti kakakmu.  Selalu pandai mencari sendiri jawabannya.  Tidak sedikit-sedikit bertanya atau malah menjawab pertanyaan dengan pertanyaan.  Kau janganlah malas berpikir.”  (halaman 4)
  4. Apa kata Pak Bin? Jangan lupa sarapan.  Karena dengan perut kenyang pelajaran jadi lebih mudah tersangkut di kepala.  (halaman 46)
  5. “Kalau kalian ingin menjadi penulis yang baik, maka caranya sederhana saja, mulailah ditulis, ditulis dan ditulis. Kalian tidak akan pernah menjadi penulis yang hebat hanya dengan tahu caranya menulis, tahu teori-teorinya, tapi kalian tidak pernah melakukannya. Itulah bedanya belajar ber-bahasa Indonesia yang baik dengan sekedar punya nilai bahasa sepuluh di raport. Kita mempraktekan langsung keterampilan berbahasa. (Halaman 48).
  6. Bukankah Pak Bin pernah bilang, matematika hanya tentang “latihan”.  Siapa yang terlatih, maka dia bisa mengerjakan soal apa saja.  (halaman 65)
  7. “Jawab sajalah.  Tidak ada salahnya mereka mendapatkan penjelasan.  Tidak seperti zaman kita dulu, yang semuanya tahu setelah mengalaminya sendiri.”  (halaman 67)
  8. Esok-lusa, Bapak harap kalian akan lebih bijak menyikapi soal ini, karena sejatinya, tidak pernah ada yang bisa menebak masa depan. (Halaman 79)
  9. Kau tahu, keluarga, teman, dan lingkungan sekitar memberikan pengaruh besar dalam proses itu. Jika kau terbiasa memiliki keluarga, teman dan lingkungan sekitar yang baik, saling mendukung, maka kau akan tumbuh dengan sifat yang baik dan elok. Tidak jahat, tidak merusak. Siapa yang paling tahu kau memiliki sifat apa? Tentu saja kau sendiri. (Halaman 94)
  10. “Kitalah yang paling tahu seperti apa kita, sepanjang kita jujur terhadap diri sendiri. Sepanjang kita terbuka dengan pendapat orang lain, mau mendengarkan masukan dan punya sedikit selera humor, mentertawakan diri sendiri. Dengan itu semua kita bisa memperbaiki perangai.” (Halaman 94)
  11. ‘Teladan agama kita melarang tidak bertegur sapa lebih dari tiga hari. (halaman 98)
  12. “Di keluarga kita, anak laki-laki tidak akan pernah membuat masalah jika dia tidak tahu bagaimana menyelesaikan masalahnya itu dengan baik. Dia tidak akan pernah memulai pertengkaran jika tidak tahu bagaimana mengakhiri pertengkarannya. Hanya seorang pengecut yang memulai pertengkaran, tapi tidak pernah mau berdamai. (Halaman 97)
  13. “Tidak ada kehilangan yang paling menyedihkan di dunia ini selain kehilangan kejujuran, harga diri dan martabat.
  14. “Oi, meski kau jadi menteri sekalipun, tetap saja kau harus mengurus suami dan anak-anak kau. Makanan yang kau berikan boleh jadi menentukan perangai mereka kelak.” (Halaman 114)
  15. Pak Bin menerima kesederhanaan dan keterbatasan anak didiknya, tetapi dalam urusan bersungguh-sungguh belajar tidak ada kesederhanaan. (Halaman 126), saat Pukat ulangan PKN pulpennya habis, peraturan gurunya pada saat ulangan tidak boleh meminjam alat tulis ke temannya, sehingga Pukat izin membeli pulpen ke warung Ibunya Ahmad, menjelang bel Pukat tiba di kelas dan menyelesaikan soalnya.
  16. Pesan Ibunya Nek Kiba (guru ngaji): “Kiba, tidak ada yang paling menyedihkan di dunia ini selain kehilangan kejujuran, harga diri dan martabat.. Kita sudah kehilangan semuanya. Bapak kau pergi selamanya. Harta-benda, kebun-ladang , pendidikan, semuanya. Berjanjilah Kiba, berjanjilah walau hidup kita susah, sebutir beras pun tidak punya, kau tidak akan pernah mencuri, tidak akan pernah merendahkan harga dirimu demi sesuap makanan.”(halaman 159)
  17. “Ya Allah, wahai yang Maha Mendengar doa-doa…. lihatlah, ada tiga puluh anak-anak kampung hamba berkumpul saat ini. Sungguh, hamba mohon, berikanlah mereka kekuatan untuk memiliki hati yang baik, hati yang dipenuhi kejujuran, tidak sesulit apapun kehidupan mereka, tidak peduli seberapa jahat nafsu dan keinginan dunia ini merusak mereka.” (Halaman 163)
  18. “Camkan kalimat ini Amel, orang-orang yang bersungguh-sungguh jujur, menjaga kehormatannya, dan selalu berbuat baik kepada orang lain, maka meski hidupnya tetap sederhana, tetap terlihat biasa-biasa saja, maka sejatinya dia menggenggam seluruh kebahagiaan dunia. Kejadian tentang celengan ini tidak terlalu luar biasa dibanding orang-orang berhati mulia lainnya. Kau tahu Amel, Mamak kau….ya, Mamak kau adalah salah-satu pemilik pengalaman hebat di kampung ini. Atas keteguhan hatinya menjaga prinsip hidup, atas ketabahannya melewati cobaan, aku melihat sendiri ketika seluruh kampung bercahaya.” (Halaman 164)
  19. “Bapak harap kau sekaligus mengembalikan kejujuran dalam mahkota hatimu; memberikannya singgasana terbaik. Jangan pernah biar kan dia hilang kembali. Jangan pernah.” Pemuda tanggung itu tertunduk, lirih meminta maaf. (Halaman 165)
  20. Perangai yang baik selalu datang karena pengaruh keluarga, teman dan orang sekitar. (Halaman 166)
  21. “Tenang, tidak sepeser pun uangnya berkurang. Apa kata Nek Kiba, “Kalian jangan pernah mencuri, sesulit apapun hidup dan nafsu dunia merusak kalian. Kejujuran adalah segalanya.” (Halaman 169).
  22. Waktu adalah segalanya, tidak ada yang memilikinya, tidak ada yang bisa meminjamkannya. Nah Pukat, bagaimana cara menghabiskan waktu dengan baik, tanpa beban dan tanpa keluhan? Itu juga teka-teli Wak Yati dulu, jawabannya adalah : berpikir, kerja keras, dan bermain. (Halaman 177)
  23. Untuk urusan cinta dan perasaan, kecantikan bukan segalanya. Ada petuah bijak seperti ini: beratus kisah tenang puteri jelita, tidak akan berhenti hingga kiamat nanti. Berkata Wanita hendak terlihat cantik, tidak akan pernah sadar hingga ketuaan datang tidak tertahankan. Kau tahu kenapa kebanyakan orang menganggap kecantikan seorang perempuan lebih penting dibandingkan perangai yang baik? Wak Yati menatap Kak Eli lembut, “Karena di dunia ini, lelaki bodoh lebih banyak dibanding lelaki buta. (Halaman 178)
  24. “Oi, kenapa kalian belakangan ini susah sekali menuruti perintah. Disuruh ini tidak mau, disuruh itu membantah.” Mamak mengabaikan deheman Bapak, “disuruh sarapan saja malas-malasan. Kau tahu, diluar sana jutaan anak-anak yang ingin sarapan tapi tidak bisa makan karena mereka tidak punya uang untuk membelinya, tidak punya orang tua yang memasakkannya. (Halaman 185)
  25. “Nah, kalian sudah dengar kalimat Mamak, bukan. Dituruti, ditaati, karena begitulah anak yang baik setiap kali dinasehati orang tuanya. (Halaman 185).
  26. Kenapa setiap anak harus mendengarkan nasehat, larangan, atau apa saja dari Mamak-nya? Sungguh bukan karena Mamak pernah jadi anak kecil, sedangkan kau belum pernah menjadi orang dewasa. Bukan karena ukuran usia dan kedewasaan. Tetapi karena jika kau tahu sedikit saja apa yang telah ia lalukan demi kau, Amelia, Burlian dan Ayuk Eli, maka yang kau tahu itu sejatinya bahkan belum sepersepuluh dari pengorbanan, rasa cinta, serta rasa sayangnya pada kalian.” Nasehat Bapak pada Pukat saat ngambek sama Mamak-nya (Halaman 187)
  27. Tentu saja, urusan ini tentang berdisiplin. Anak-anak ini harus disiplin. Tahu kapannya bekerja, tahu kapannya bermain. Apapula yang dikerjakan dia, setiap hari hanya dihabiskan menonton Televisi. Tidak ada manfaatnya.” (Halaman 195)
  28. Lima belas menit, serangan mual itu berlalu. Mamak membantuku berbaring lagi. Saat itulah semua kebencian, prasangka buruk, rasa marahku pada Mamak berakhir. Dengan kondisi tubuh lemah, kepala tergolek di bantal, aku menatap Mamak yang meraih kain, mengelap keringat di dahiku. (Halaman 206).
  29. “Maafkan Pukat, Mak. Sungguh maafkan Pukat.” Oi, sepuluh tahun lebih Mamak memasakkan makanan untukku. Sudah berapa juta butir nasi yang disiapkannya. Berapa ratus ribu gelas air minum yang dijerangnya. Bertumpuk-tumpuk piring sayur dan lauk yang boleh jadi sudah setinggi bukit. Penuh kasih-sayang, tanpa pernah berharap imbalan selain doa agar kami menjadi anak yang baik. Bagaimana mungkin aku menuduh Mamak benci kepadaku, tidak lagi sayang. Belum lagi saat kami jatuh sakit, dia mengurus air kencingku, muntahku, berakku, semuanya, tanpa lalai meninggalkan kewajiban lain.” (Halaman 207-208)
  30. Dalam banyak hal, sebuah pertanyaan yang tepat jauh lebih penting dibandingkan sebuah jawaban yang sempurna. Pertanyaan akan memicu penemuan hebat, pemikiran mahsyur bahkan sebuah permulaan yang agung. Tetapi jawaban, sebaliknya, terkadang dengan sebuah jawaban yang baik, secara tidak sengaja menutup pintu untuk berkembang lebih jauh, menemukan lebih lanjut. Jawaban terkadang malah mengakhiri sebuah petualangan yang seru. Jagoannya berhenti, pulang, menghabiskan masa tuanya dengan santai.” (Halaman 223).
  31. “Jual-beli itu dihalalkan. Siapa yang menjual dengan baik, memberikan barang yang benar, tanpa menipu, senang hati melebihkan timbangan, memberi bonus, tambahan, niscaya dia mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat. (Halaman 237).
  32. “Lubang pembuangan terkotor di dunia adalah mulut kita.” Nek Kiba menghela nafas pelan. “Mulut kitalah yang setiap hari mengeluarkan bau paling memualkan, mulut kitalah yang tega mengunyah bangkai, mulut kitalah yang menelan lantas memuntahkan kotoran busuk…. (Halaman 272).
  33.  “Oi, andaikan kalian bisa menjaganya, tetap kebanyakan dari kalian tidak bisa menghindari mulut mengeluarkan sampah-sampah tidak berguna, meski tidak bau dan tidak mengganggu. Kalian tetap sering mengeluarkan ucapan mubazir, perkataan sia-sia. Apalagi yang sama sekali tidak bisa menjaganya. Sungguh itulah lubang pembuangan terkotor di dunia.” (Halaman 270-271).
  34.  “Kalian pikir satu butir nasi tidak berharga, hah?” “Jangan mentang-mentang kalian beruntung setiap kali ke dapur, sudah tersedia makanan. Setiap kali hendak makan sudah ada nasi, kalian jadi meremehkan setiap butirnya. Di luar sana, banyak orang yang harus bekerja keras untuk mendapatkan sepiring nasi. Banyak yang kurus kering bermimpi makan teratur dan cukup.” Mamak terus mengomel, membuat Kami tertunduk semakin dalam. Aku mengunyah remah nasi dengan perasaan bercampur aduk. (Halaman 275)
  35. “Seluruh penduduk kampung ini menggantungkan hidup pada alam. Tetapi ingat, leluhur kita mengajarkan keseimbangan dan saling menghargai satu sama lain. Kita tidak mengambil berlebihan, merusak berlebihan. Hutan sekitar adalah bagian dari kehidupan. Kita membuka hutan dengan proses penuh penghargaan kepada alam yang telah memberikan sumber makanan. Asal kau tahu, berpuluh tahun Bapak tinggal di kampung ini, luas seluruh ladang tidak pernah bertambah, kita tidak pernah merambah hutan perawan. Hanya mendaur ulang kebun-kebun lama.” (Halaman 296).
  36. “Oi, begitulah seharusnya kita hidup berbudi / Satu kebaikan mekar menjadi tujuh kebaikan / Tujuh kebaikan mekar mejadi tujuh lagi / Berlipat lipat tidak terhitung kebaikan / Memenuhi bumi milik yang Maha Pengasih//“ (Halaman 310).
  37. “Oi, begitu pulalah jika hidup tidak berbudi / Satu keburukan mekar menjadi tujuh keburukan / Tujuh keburukan mekar menjadi tujuh lagi / Berlipat-lipat tidak terhitung keburukan / Yang setiap butirnya harus dipertanggung jawabkan nanti.// (halaman 311)
  38. “Kalian tahu, setiap butir nasi ini berharga.” “Burlian, Pukat, kalian sudah membantu banyak membuka hutan. Tahu prosesnya, mengerti kalau setiap bagian tidak mudah dilaksanakan.” (Halaman 315)
  39. “Bagi kita, petani adalah kehidupan. Proses panjang menghargai kasih sayang Alam dan lingkungan sekitar. Proses panjang dari rasa syukur kepada yang Maha kuasa. Lihat,padi-padi itu tumbuh subur, tapi hanya dengan kebaikan Tuhan-lah, esok lusa akan muncul bilur-bilur padi yang banyak. Kita tidak pernah bisa menumbuhkan padi, membuatnya berbuah, kita hanya bisa membantu prosesnya.” Bapak tersenyum melihat aku dan Burlian. (Halaman 315).
  40. “Tetapi apapun yang terjadi, kita sudah melaksanakan prosesnya dengan baik. Sekarang kita tinggal menunggu dan berharap. Itulah kebijaksanaan tertua yang dimiliki leluhur kita. Menunggu dan berharap. Selalulah meminta pertolongan dengan dua hal itu. Menunggu berarti sabar. Berharap itu berarti doa. (Halaman 316)
  41. Dalam kitab suci, kata Nek Kiba, orang -orang beriman disuruh meminta pertolongan dengan dua hal. Sabar dan solat. Sepertinya kebijaksanaan yang dibilang Bapak mirip sekali dengan penjelasan Nek Kiba. (Halaman 316)
  42. “Benarlah kata Pak Bin di sekolahan. Batang padi, semakin berisi maka akan semakin merunduk.” Burlian menunjuk batang padi. Semakin berilmu, semakin pandai maka kau akan semakin rendah-hati. Bukan begitu, Pak? (Halaman 316).
  43. “Iya, Bapak menunjuk salah satu batang padi. “Semakin berisi, semakim merunduk, itu juga berarti kau tidak hanya selalu merasa bisa, bisa, dan bisa. Lebih penting dari itu adalah kau juga bisa selalu merasa. Besok-lusa kalau kalian sudah merantau ke kota-kota jauh, pulau-pulau seberang, kalian akan melihat banyak sekali orang pintar, orang hebat. Mereka selalu bilang ya, kita bisa, ya. Sayangnya, diantara begitu banyak orang hebat tersebut, sedikit sekali yang bisa berempati, merasakan, dan dipenuhi semangat kebaikan tulus. (Halaman 319
  44. Aku tidak seberuntung Burlian yang punya teman Tuan Nakamura, hingga SMA aku masih sekolah di kabupaten. Jalan baru terbuka bagiku Ketika kuliah, aku diterima universitas terbaik di Jakarta, dan apa kata bijak itu? Sekali pintu pertama terbuka, maka kunci-kunci pintu berikutnya juga diperoleh. Kesempatan itu datang susul menyusul, termasuk melanjutkan kuliah di negeri kincir angin (halaman 339).
  45. Kamilah harta karun paling berharga kampung. Anak -anak yang dibesarkan oleh kebijakanaan alam, dididik langsung oleh kesederhanaan kampung. Kamilah generasi berikut yang bukan hanya memastikan apakah hutan-hutan kami, tanah-tanah kami tetap lestari, tetapi apakah juga kejujuran, harga diri, perangai yang elok serta kebaikan tetap terpelihara di manapun kami berada. (Halaman 344).

Selamat membaca kelanjutan kisah serial Anak Nusantara , menurut saya bukunya keren, bisa belajar mendidik anak dari Mamak dan Bapak


Hal yang membuat saya selalu tertarik dan tidak bosan membaca buku-buku karya Tere Liye, salah satunya Tere Liye menyajikan buku dengan banyak genre. Dari puluhan buku yang sudah ditulisanya, berikut ini buku-buku Tere Liye yang sudah saya baca dan review:

NOVEL GENRE ANAK-ANAK & KELUARGA :

GENRE ROMANCE : 

GENRE FANTASY:

GENRE POLITIK & EKONOMI:

GENRE ACTION:

Genre science and fiction bercampur romance, lingkungan hidup:

Genre Biografi tapi tidak pure lebih banyak unsur refleksi: 

KUMPULAN PUISI:

KUMPULAN QUOTE:

GENRE SEJARAH:

GENRE BIOGRAFI

Buku Cerita Anak Bergambar versi Bahasa Indonesia yang sudah terbit bukunya:

BUKU TERE LIYE Yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris

Buku-Buku Serial Karya Tere Liye:

Ebook yang sudah baca di Google Play Book

Baca juga:

Baca juga:

Happy reading!

10 thoughts on “[Review Buku] : SI ANAK PINTAR Karya Tere Liye

    1. Sama-sama, Mba 😊😊
      Senangnya bertemu dengan yang menggemari TL juga 👍😊
      Sama-sama mba.
      Terima kasih juga sudah mampir ke blog saya 😇

      Salam hangat.

      Like

  1. Melan

    halo mbaa, senangnya baca review novel yg udh dibaca bertahun2 lalu tp ceritanya masih membekas. its remarkable.. mampir ke blog sya juga mba, baca2 review yg juga udah aku buat:)

    Liked by 1 person

    1. Saya tulis begini Kak 😊
      Pukat, anak kedua dari Mamak dan Bapak. Kakaknya Amelia dan Burlian, adiknya Eliana.
      Setau saya, anak pertama Eliana, anak kedua Pukat, anak ketiga Burlian, anak keempat Eliana.
      Jadi, Pukat adalah Kakaknya Amelia dan Burlian, serta adik dari Eliana (karena Eliana anak pertama).

      Terima kasih

      Like

Leave a comment