Mengurus Visa Prancis

Jumat pagi tanggal 4 July 2014, Om sekeluarga pergi ke daerah Mega Kuningan, termasuk saya.  Saya ambil izin gak masuk kantor, karena rencananya mau menemani Amih,  Ibu dari Mamah saya, atas permintaan Om meminta tolong agar saya menemani Amih.  Hari itu bertepatan dengan bulan Ramadhan, dan jadwal kami  pukul 9.00 Wib, kami sudah sampai sebelum jadwalnya tiba.

Bertemu dengan orang dari travel untuk mengurus ke bagian administrasi hingga menunggu antrian untuk dipanggil.  Karena tidak ada pengumuman apapun dari Om, saya sih mengira oh hari itu saya mengantar nenek, dan berhubung kantuk datang, sambil nunggu dengan santainya saya tertidur, maklum kurang tidur karena harus bangun sekitar jam 3 pagi untuk mempersiapkan sahur, padahal disekitar saya banyak orang yang antri dan ngobrol, tapi saya tetap ngantuk.
Tiba-tiba saya dibangunin karena ternyata nama saya ada dalam urutan yang dipanggil.  Om bilang “Ai temenin Amih foto ya” dan ga taunya petugas pun selain mengurus proses untuk  Visa Perancis.   Saat  itu,  petugas terlebih dahulu  dengan mengecek data Amih, pengambilan sidik jari dan mengambil foto, melihat ke camera matanya, kemudian print out data dan foto kita, mengecek nama di paspor dengan nama dan nomor paspor yang sudah di print out, make sure datanya benar karena bila salah satu huruf maka menjadi tidak valid (yang asli disimpan petugas, dan copy-an diberikan dan disimpan oleh Tante).  Selesai Amih, giliran saya. Setengah sadar setengah mimpi, saya pun melakukan proses yang sama dengan yang Amih lakukan. Ok, foto tanpa touch up dan kelihatan baru bangun tidur kayaknya menghiasi wajahnya saya.Setelah Om, Tante, Kakak, Mas, Dede, Amih dan Saya selesai, maka akhirnya pengumuman resmi pun disampaikan oleh Om, bahwa Tante mengajak Ai ikut ke Perancis dan Inggris.   Wow, sebuah kejutan pun datang.
Ketentuan permohonan Visa ke Perancis silahkan bisa baca disini.  Menurut info, para pemohon visa tidak lagi menyerahkan berkas aplikasi secara langsung ke Bagian Visa Kedutaan Besar Perancis, Sebagai perusahaan yang diakui oleh Kedutaan Besar Perancis, TLS Contact akan menerima berkas permohonan visa.

Mengurus Visa Perancis merupakan pengalaman pertama saya.  Biasanya, kalau keluarga negri pengurusan visa dilakukan secara kolektif oleh travel agent yang ditunjuk atau dipilih oleh kita, apalagi kalau dapat dari perusahaan, tentunya tidak mengharuskan kita untuk datang ke kedutaan tempat kita akan mengunjungi negaranya, selama data yang diperlukan sudah kita persiapkan, insyaallah proses pengajuan visa lancar dan bisa keluar.
Kali ini, perjalanan pertama liburan bersama dengan keluarga, dan ternyata pengurusan visa pun mengharuskan kami mendatangi kedutaannya atau perwakilan kedutaan Prancis yang berlokasi di Menara Anugrah lantai 3, kawasan Lingkar Mega Kuningan, Jakarta (beside the Embassy of Thailand)
Kejutan di bulan Ramadhan tersebut tak pernah saya sangka, ramadhan tersebut membawa berkah yang luar biasa, seorang Ai, gadis dari desa yang hijrah ke kota, mencari ilmu dan rezeki di kota metropolitan, hanya bermodalkan impian, ternyata saya semakin yakin, Allah Maha Kaya dan bila Allah berkehendak, Allah akan mendatangkan rezeki dari arah yang tak pernah kita duga, dan beruntungnya saya, Allah memberikan jalan melalui keluarga Om dan Tante serta Amih.
Oh iya Visa ke Perancis ini ada pemberlakukan Visa Biometrik ke Perancis sesuai dengan peraturan Uni Eropa, sehingga kehadiran setiap pemohon visa diwajibkan.  Dengan Visa Schengen, kita bisa masuk negara manapun yang masuk Uni Eropa diluar United Kingdom.

IMG-20140821-01902

Untuk pengetahuan, Visa Eropa  disebut visa Schengen.  Jadi, Negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa membuat kesepakatan 1 visa dan I mata uang (Euro) untuk kawasan tersebut.  Schengen adalah nama sebuah daerah dimana perjanjian kesepakatan ini ditandatangani.

Setelah Visa Perancis, berikutnya tulisan mengenai mengurus Visa UK.

With Love,

Leave a Reply

