Pengalaman Mengurus Visa UK

Untuk ke Inggris kita perlu apply Visa UK sebagai syarat untuk dapat masuk ke United Kingdom yaitu England, Scotland, Ireland, dan Wales.  Dari beberapa artikel yang pernah saya baca, mengurus visa UK ini termasuk yang paling susah, bahkan beberapa orang pernah mengalami gagal dan ditolak visanya, kemudian baru lolos setelah berkali-kali mengajukan.  Kayaknya nothing to lose saja kalau ngurus visa UK, begitu pikir saya.  Saya tidak mau takut dan tidak mau larut dalam cemas yang berlebih, maka saya menuruti nasehat Om untuk terus banyak ber’doa agar pengurusan visa UK berjalan lancar dan disetujui.  Selain permohonan doa yang disampaikan Om kepada keluarga, maka saya pribadi bermodalkan banyak doa memohon sama Allah.

Uniknya, yang saya alami ternyata lebih ke proses pemanggilannya saja, jadwal untuk ke kedutaannya.  Kebetulan ternyata banyak yang akan ke Inggris, jadi jadwal kami sempat beberapa kali diundur karena full. Apointment awalnya tgl 17 July 2014, mundur ke 18, dan final terlaksana di tgl 21 hari senin, sekitar pukul 13.00 harus tiba di tempat tujuan.  Saya beruntung, perjuangannya hanya harus bersabar pada saat datang ke VSF, menungu untuk dipanggil.  Sayangnya baru saya dan Amih, sehingga jumat pun saya mendatangi lagi tapi hanya menemani Tante dan adik-adik sepupu.

Saya akui, pengamanan VFS yang berlokasi di Kuningan city Kuningan City Mall, 2nd Floor, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18 – Setiabudi, Kuningan – Jakarta – 12940, Indonesia ini ketat sekali.  Begitu masuk, petugas meminta kita untuk menonaktifkan Mobile. Memasuki ruangan, kita pun mengantri.  Apabila data yang diperlukan dalam proses pengurusan visa sudah kita siapkan, maka kita menunggu antrian untuk dipanggil oleh petugas yang mengurusi visa oleh travel, pribadi, atau kolektif di-handle oleh petugas terpisah dalam ruangan yang luas.  Kami sekeluarga diurusi oleh pihak travel, maka proses yang kami lalui dalam ruangan VFS tersebut adalah ditemani salah satu petugas dari travel yang akan memberikan data yang diperlukan kami ke petugas di VFS, kemudian kami menandatangani surat-surat yang harus di ttd, kemudian  menunggu nama kita  dipanggil oleh petugas dari ruang 1 atau ruang 2.  Dalam ruangan yang luas tersebut, terdapat tempat pengurusan visa UK, Australia dan New Zealand.  Maka tentunya saya merapat ke tempat pengurusan visa UK.  Siang itu, pukul 13.00 kami dijadwalkan untuk tandatangan, foto, pengambilan sidik jari.  Di hari senin itu, baru Amih dan karena saya menemani beliau, maka hanya Amih dan saya yang diperbolehkan masuk duluan, menyusul Tante dan adik-adik sepupu dihari jumatnya.
Ternyata, siang itu ruangannya penuh ramai, dan beberapa jam kemudian kami baru dipanggil. Saat itu di VFS memang penuh karena ternyata banyak yang akan berlibur ke UK dan banyak juga sepertinya pelajar Indonesia yang entah akan pentas atau apa saya perhatikan ada ibu guru dan anak-anak SMP yang menunggu giliran dipanggil seperti kami. Bahkan, seorang wanita disamping saya cerita, bahwa ia sudah sejak pukul 10.00 menunggu dipanggil, syukurlah sekitar setengah tiga ia akhirnya dipanggil juga, beberapa berselang menyusul saya kemudian terselang beberapa orang kemudian nenek.
Saya dipanggil keruangan kedua, seorang petugas pria menanyakan nama lengkap saya, tanggal lahir saya, sidik jari (jempol dan keempat jari, kiri kanan)  kemudian difoto.  Oh iya, dalam ruangan tertutup tersebut hanya saya dan petugas saja yang boleh masuk.  Selesai prosesnya, kemudian saya bertanya kepada petugas, bolehkah saya menemani nenek saya ketika dipanggil? Iya memperbolehkan, “tentu saja boleh”.  Maka, ketika tiba giliran Amih, yang dipanggil diruangan nomor 1, saya menemani beliau.  Amih pun ditanyakan hal yang sama, dan saat beliau ditanya mengenai nama lengkap serta tanggal lahir, maka petugas pun sangat membantu.
Untuk Mengajukan permohonan Visa Inggris di Indonesia, proses permohonannya silahkan bisa dibaca disini.  Kemudian menghadiri janji di pusat permohonan Visa, untuk menyerahkan permohonan visa dan foto wajah serta sidik jari, kita bisa datang langsung ke VFS di daerah Kuningan City.
Kini saya baru memahami, kenapa visa UK susah dapatnya.  Selain prosesnya yang tidak sama dengan visa pengajuan ke negara-negara lain, ber’doa dan memohon doa dari keluarga sepertinya menjadi jalan diberikan kemudahan kepada kami sekeluarga.
Oh iya, menunggu approval visa UK ini sensasinya bikin deg-degan juga, alhamdulillah setelah 2 minggu, visa kami sekeluarga diterima, khusus untuk Om beliau tidak perlu mengurus  permohonan Visa UK karena Multiple Entry Visa beliau masih berlaku.

Kepada keluarga, terima kasih untuk doanya.

IMG-20140821-01899

England i’m coming *yeay* Alhamdulillah

9 thoughts on “Pengalaman Mengurus Visa UK

  1. Numpang tanya Buk. Apakah kunjungan ke UK menggunakan Visa Family atau Tourist ? Saat appointmentnya ditunda, masih mending ya, karena tinggal di Jakarta, Kalo tinggal di luar kota jadi agak ribet.

    • tourist visa
      Iya, beruntung kalau masih tinggal di Jakarta, tidak terbayang kalau diluar Jakarta harus mengatur waktunya pasti repot 😦

    • saya diberitahu sudah di approve-nya visa UK oleh Om saya,sebab kebetulan beliau yang mengajak kesana dan mengurus semuanya.
      Mohon maaf ya, tidak bisa memberi info 😦

  2. Halo, saya mau tanya, saat mengurus visa ke UK apakah menyertakan translate dokumen2 dalam bhs inggris?
    Kalau boleh tau translate dimana ya? Apa ada translator tertentu atau bisa siapa saja?

    Thx

    • Halo mba.

      Kalau saya pribadi saat itu tidak menyertakan translate dokumen dalam bahasa inggris, karena kebetulan yang mengurus dokumen Om saya, saya hanya menyiapkan passport, foto, akta kelahiran, kartu keluarga, hanya seperti itu saja mba sama interview di VFS yang saat itu dihandle dan ditemani dari pihak agent travel.
      Terima kasih 🙂

Leave a Reply

