[Review Buku]: Riyadhus Shalihin

Hadist adalah merupakan pedoman pokok dalam agama Islam di samping Al-Quran.  Rasulullah s.a.w. berpesan agar kita senantiasa berpegang teguh kepada keduanya itu bila kita tidak ingin tersesat.  Apa pun yang diperintahkan oleh Rasulullah harus kita laksanakan dan apa pun yang dilarangnya harus kita tinggalkan.  Rasulullah tidak pernah bersabda, bertindak maupun bersikap hanya memenuhi nafsu belaka bahkan apa pun yang diperbuatnya adalah merupakan pancaran wahyu ilahi.

Riyadhus Shalihin adalah salah satu di antara sekian banyak kitab hadis yang membicarakan masalah akidah, syaria’ah dan akhlak; yang ketiga-tiganya merupakan sendi agama Islam.  Mengingat isi kitab yang cukup lengkap dan terdorong oleh keinginan luhur untuk menyumbangkan sekedar ilmu yang ada, maka penerjemah, menterjemahkan kitab tersebut ke dalam bahasa Indonesia.  Buku yang saya baca ini terbit pada bulan Nopember 1981 atau bulan Muharram 1402 H, diterjemahkan oleh Drs. Muslich Shabir.

Baca: review buku Riwayat Rasulullah SAW

Riyadhus Shalihin adalah nama salah satu kitab kumpulan hadis Nabi Muhammad, yang berarti taman orang-orang Shalih.  Penyusun kitab ini adalah Imam Abu Zakariya, Yahya bin Syaraf An-Nawawy.  Dilahirkan di Nawa, nama sebuah dusun di Damaskus, Syiria pada tahun 618 H.  Sejak kecil beliau selalu menuntut ilmu pengetahuan sehingga pada usia 18 tahun dia sudah terkenal sebagai anak yang paling menonjol di antara kawan-kawan seangkatannya.  Beliau memang dikaruniai kemampuan yang luar biasa oleh Tuhan.  Beliau sangat ahli dalam bidang fiqih dan hadis.  Dalam bidang fiqih beliau menjadi tokoh besar dalam madzhab Syafi’i.  Adapun dalam  bidang hadis Rasulullah s.a.w. beliau terkenal sangat teliti dan juga termasuk tokoh yang tidak asing lagi.  Kitab Riyadhus Shalihin ini merupakan karya terbaik Imam An Nawawi yang menjembatani antara umat Islam dengan Sunnah Nabi SAW.

Baca: review buku Krisis Dunia dan Jalan Menuju Perdamaian

Sudah sejak lama saya ingin membaca buku ini, alhamdulillah kesampaian juga.  Dalam terjemahannya yang say abaca, kitab dibagi dalam dua bagian.  Buku terjemahan pertama terdiri dari 638 halaman dan 129 bab.  Sementara untuk buku terjemahan bagian kedua ada 200 bab dengan tebal buku 686 halaman.   Dalam Riyadhus Shalihin memuat berbagai tema, mulai dari akhlak, keutamaan membaca Al-Quran, keutamaan shalat dan puasa, jihad, dzikir, doa, serta larangan-larangan yang terkait ibadah dan muamalah.  Pada bab-bab yang banyak dan lebih dari satu macam, Imam Nawawi menjadikan bab sebagai judul  bagi beberapa hadis yang menunjukkan satu permasalahn khusus.  Bahkan Imam Nawawi memasukkan ayat Al-Quran sebagai dalil utama menguatkan dalil penyokong atas bagian-bagian yang akan beliua bahas.   Kemudian, menyertakan dalil-dalil hadis sebagai penjabaran atas bab-bab yang dibahas tersebut.

Buku terjemahan ini sangat mudah dipahami isinya. Ini merupakan buku kumpulan hadis yang menurut saya, terlengkap yang pernah saya baca.   Selama ini saya hanya pernah membaca kumpulan hadis, hanya saja tidak selengkap ini.  Buku ini tentu saja menambah pengetahuan bagi saya, baik hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebagai seorang muslim yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah.  Buku yang sangat bagus, bergizi, dan bisa menjadi referensi bagi siapa pun yang ingin menambah wawasan.  Menurut saya, membaca buku ini layaknya sebuah oase di tengah padang pasir.  Karena saya yang sedang berjuang menapaki setiap jalan kehidupan, agar berada di jalan lurus yang telah ditentukan oleh-Nya, saya sangat senang dan bersyukur bisa membaca buku ini.   Saya tidak akan panjang lebar membahas detail isinya, jadi selamat membaca.  🙂

Keep reading & Happy Reading! 🙂

-With Love-

Advertisements

19 thoughts on “[Review Buku]: Riyadhus Shalihin

      1. Wiiiih keren kak Ra, udah beberapa kali baca 👏👏👏
        Saya baru sekali 😂
        Kalau isinya lupa, mungkin pertanda mesti dibaca ulang tahun 2019 Kak 😃

        Like

      2. Siiip, Kak. Semoga bukunya segera ketemu. Saya baru pinjem dulu, belum bisa koleksi kitab ini 😂
        Mari kita nantikan artikel akhir tahun tentang reading challenge 2019.
        Pertanyaanya: berapa banyak buku yg kita baca? Berapa banyak judul buku sama yang kita baca tahun ini? 😆

        Like

      3. Semoga bisa segera koleksi. Aamiin.
        Kita tunggu bersama. 😂
        Itu yg masih tanda tanya, berhubung kita memiliki selera buku yang hampir sama atau memang benar2 sama. Apakah tahun ini buku2 yang kita baca lebih banyak yg sama? Nantikan episode selanjutnya. 😂😂😂

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s