Love Traveling

Jungfraujoch – Switzerland

TRAVELING, IT LEAVES YOU A SPEECHLESS, THEN TURNS YOU INTO A STORYTELLER.” __IBNU BATUTAH

Awalnya, dalam postingan perjalanan, saya suka mengupload foto keluarga serta sahabat.  Namun setelah dipikir-pikir lagi.  Saya harus menjaga privasi mereka.  Untuk tulisan yang sudah lama, pelan-pelan saya akan revisi.  Cukup saya upload foto perjalanan dan saya pribadi saja, keluarga dan sahabat saya kenangannya akan tetap abadi dalam ingatan saya, kebaikan mereka dalam dunia nyata akan terus saya ingat.  Dalam dunia maya,  privasi mereka tetap harus saya jaga.  Kalau pun saya tampilkan, hanya candid, foto dari belakang saja.  

Inspirasi yang membuat saya cinta sama traveling, berasal dari Al-Quran.  Dan salah satu doa dan sekaligus impian besar saya, semoga diberi kesempatan dan pengalaman untuk bisa melihat dunia  🌎🌎 Aamiin 😇

Dalam Islam, traveling memang sangat dianjurkan. Sebab, dengan melakukan traveling, manusia diharapkan akan semakin bersyukur dan mendapatkan banyak hikmah serta pelajaran dari berbagai kejadian yang dihadapinya di perjalanan.  Traveling juga bisa menjadi sarana dakwah. Itulah yang dilakukan para pendahulu kita, bahkan sejak zaman para Nabi.  Begitu pentingnya traveling, sampai-sampai di dalam Alquran pun terdapat sejumlah ayat yang berkaitan dengan hal satu ini. 

Berikut ayat-ayat Alquran yang membahas tentang traveling.

1. Surat Al-Mulk Ayat 15: “Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.”

2. Surat Muhammad Ayat 10: ” Maka apakah mereka tidak mengadakan perjalanan di muka bumi sehingga mereka dapat memperhatikan bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka; Allah telah menimpakan kebinasaan atas mereka dan orang-orang kafir akan menerima (akibat-akibat) seperti itu.”

3. Surat Yusuf Ayat 109: “Kami tidak mengutus sebelum kamu, melainkan orang laki-laki yang Kami berikan wahyu kepadanya di antara penduduk negeri. Maka tidakkah mereka bepergian di muka bumi lalu melihat bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka (yang mendustakan rasul) dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memikirkannya?”

4. Surat Ali ‘Imran Ayat 137: ” Sesungguhnya telah berlalu sebelum kamu sunnah-sunnah Allah; Karena itu berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul).”

5. Surat An-Naml Ayat 69 —> “Katakanlah: ‘Berjalanlah kamu (di muka) bumi, lalu perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang berdosa’.”

6. Surat Luqman Ayat 31” Tidakkah kamu memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah, supaya diperlihatkan-Nya kepadamu sebahagian dari tanda-tanda (kekuasaan)-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi semua orang yang sangat sabar lagi banyak bersyukur.”

7. Surah Ar-Rum Ayat 42 —> “ Katakanlah: ‘Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)’.”

8. Surat Ar-Rum Ayat 9: “Dan apakah mereka tidak mengadakan perjalanan di muka bumi dan memperhatikan bagaimana akibat (yang diderita) oleh orang-orang sebelum mereka? orang-orang itu adalah lebih kuat dari mereka (sendiri) dan telah mengolah bumi (tanah) serta memakmurkannya lebih banyak dari apa yang telah mereka makmurkan. Dan telah datang kepada mereka rasul-rasul mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata. Maka Allah sekali-kali tidak berlaku zalim kepada mereka, akan tetapi merekalah yang berlaku zalim kepada diri sendiri.”

9. Surat Al-An’am Ayat 11 —> “Katakanlah: ‘Berjalanlah di muka bumi, kemudian perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan itu’.”

Salah satu hobi yang sudah saya impikan sejak masa kecil.  Alhamdulillah beberapa impian sudah menjadi kenyataan.  Berikut tulisan saya tentang pengalaman traveling Melihat Dunia:

Happy traveling 🧳 🧳 

With Love, ❤️❤️

Advertisements

One thought on “Love Traveling

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s