[Review Buku] Romansa di Rumah Nabi Saw Karya Abu Hamzah al-Gamidi

Judul Buku Romansa di Rumah Nabi Saw
Penulis Abu Hamzah al-Gamidi
Penerbit Republika Penerbit
Tahun Terbit Cetakan I, September 2019
 Jumlah Halaman xiii + 218 halaman; 13.5 x 20.5 cm
ISBN 978-623-7458-036

“Sesungguhnya telah ada pada (diri)Rasululah itu suri teladan yang baik bagimu …” —QS Al-Ahzab (33):21

Ketika memanggil sang istri, Nabi memanggilnya dengan panggilan yang memanjakan. Beliau juga memegang tangan istrinya, bersandar di pundalnya dan terkadang tidur dipangkuannya. Para istri Nabi Saw selalu menunjukkan rasa cintanya. Mereka memahami keinginan Nabi Saw sebelum beliau mengatakannya. Ketika cucunya minta digendong, Nabi Saw menggendongnya meskipun sedang shalat. Inilah sebagian teladan Rasulullah Saw, dan keluarganya saat besama di rumah. Dan, masih banyak teladan lainnya yang bisa kita temukan di buku ini.

Penulis mengajak kita berekreasi dengan menyenangkan dan penuh manfaat. Kita dibawa memasuki rumah termulia di sepanjang perjalanan sejarah dan berjalan di halaman bangunan terindah di tempat hidup dan mati manusia terbaik, Muhammad Saw. Lihatlah satu bagian perjalanan hidupnya yang penuh dengan teladan. Perhatikanlah kehidupannya bersama keluarganya di dalam surga (rumah beliau) yang indah serta dipenuhi kasih sayang dan kebahagiaan.

Selesai berekreasi, kita akan semakin mencintai dan mengaguni Nabi Saw. seraya berharap diberi kekuatan untuk bisa meneladaninya.

Di bulan September 2019, penerbit Republika cukup banyak menerbitkan buku-buku baru yang membuat saya mupeng. Rasanya pengen semua buku baru terbit saya borong. Padahal di awal bulan saya sudah beli 4 buku terbitan Republika, 2 buku terbitan GPU. Eh pas lihat ada judul buku ini, saya cuma bisa bilang, mungkin nanti-nanti saja deh belinya. Namun ternyata, lewat rezeki yang tidak terduga, saya memenangkan giveway untuk pertama kali dari akun Instagram  @bukurepublika, dimana hadiahnya boleh milih satu judul buku. Saya tanya admin-nya apakah boleh memilih buku baru, ternyata diperbolehkan, dan alhamdulillah saya punya buku ini 🙂 Terima kasih @bukurepublika

Baca: review buku Terapi Berpikir Positif karya dr. Ibrahim Elfiky

Saya sangat suka design cover-nya, sederhana tapi indah. Seindah isinya juga 🙂 Apalgi ketika menyentuh langsung cover-nya, keren dan saya suka. Buku ini beneran membuat saya makin cinta akan sosok Rasulullah Saw, idola saya. Bagaimana beliau memperlakukan istri-istrinya dengan baik, dan bagaimana pula istri-istrinya beliau juga bersikap baik kepada Rasulullah. Saya seakan diajak menyaksikan keharmonisan rumah tangga Rasulullah ratusan tahun yang lalu, ah membacanya saja membuat hati ini terasa teduh dan tentram. Contoh ideal bagi kaum muslimin dalam menjalani rumah tangga. Agar bisa membangun rumah dan menciptakkan keharmonisan rumah tangga yang penuh romansa seperti yang dicontohkan Rasulullah, teladan terbaik untuk umat manusia.

Buku ini sangat cocok dibaca oleh siapa saja di atas usia 18+, baik yang sedang memperbaiki diri, berjuang menjadi pribadi yang baik untuk mempersiapkan diri bagi yang mau berumah tangga, yang sedang otw nikah, bahkan untuk singellillah. Dan baik pula dibaca oleh siapa pun yang sudah berumahtangga, agar ikatan rumah tangganya semakin harmonis dan kelak bisa membangun rumah di surganya Allah SWT. Aamiin.

Baca : Riyadus Shalihin 

Buku ini dibagi menjadi tiga bagian. Bagian satu tentang Romantisme Nabi Saw terhadap para istrinya. Bagian dua tentang Romantisme Para Istri Terhadap Nabi. Dan bagian tiga tentang “Sentuhan Kasih Sayang Nabi Saw Terhadap Keluarga.”

Penulisnya memberi judul buku ini (al-Lamasat al-Haniyah fi Baitin Nubuwwah, sentuhan-sentuhan Kasih di Rumah Nabi Saw.). Dalam menulis buku ini, penulisnya mencantumkan hadis-hadis sahih sebagai dalil, bukan hadis-hadis yang tidak sahih. Dalam penelitian terhadap status sahih, penulis bersandar pada pendapat Albani. Semoga Allah Swt senantiasa mencurahkan rahmat kepadanya dan kitab-kitabnya yang bermanfaat dan menyenangkan.

Baca: review buku OTW Nikah

Buku ini ibarat mutiara yang mahal dan berharga. Mari, segera berangkat menuju kemah besar dan oase yang diberkahi. Mari kita menyaksikan sentuhan-sentuhan kasih di rumah Rasulullah Saw., agar kita dapat meluruskan jalan kita, memperbaiki yang rusak, dan meluruskan yang bengkok. Dengan bantuan Allah Swt., kita akan berjalan. Dialah Pemberi petunjuk kita kepada jalan yang lurus.

Mari membaca buku ini. Hadiahkan buku ini kepada dirimu sendiri, dan orang-orang yang kamu sayangi agar kelak kita bisa menikmati romansa keharmonisan ala Rasulullah 🙂

Happy reading! 📚 📖😊

With Love, ❤️💙

Note: buku ini Giveaway dari Republika.  Buku juga bisa di pesan online melalui http://www.bukurepublika.com

2 thoughts on “[Review Buku] Romansa di Rumah Nabi Saw Karya Abu Hamzah al-Gamidi

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s