Buku Serial Anak-Anak Mamak By Tere Liye

Menurut saya, selain buku tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang terdiri dari : Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryah K.  Kemudian ada trilogi negeri lima Menara karya A. Fuadi  yang terdiri dari : Negeri Lima Menara, Ranah Tiga Warna, dan Rantau 1 Muara. 

Maka selanjutnya , serial anak-anak Mamak karya Tere Liye ini jangan sampai terlewatkan.  Ketiga penulis besar tersebut memang serialnya secara konsep berbeda, hanya saja berang merahnya tentang anak-anak yang memiliki impian, dan mau melawan keterbatasan, karena siapa pun bisa memiliki impian tinggi, bisa mewujudkannya, tak peduli kita berasal dari mana serta kondisi ekonomi seperti apa.  Bahkan karakter dari setiap buku yang mereka ciptakan justru berasal dari ekonomi lemah, namun berkat impian besar, tekad yang kuat, usaha dan kerja keras, juga keyakinan bahwa mereka bisa memperbaiki keadaan, maka mereka bisa menjadi orang-orang hebat di bidangnya masing-masing.  Bagi siapa pun, buku-buku tersebut bisa membangun motivasi khususnya para anak-anak, atau para orang tua yang ingin menyemangati anak-anak.  Sebetulnya ada banyak bacaan anak-anak yang bagus, namun menurut saya buku-buku yang saya sebutkan di atas jangan sampai terlewatkan.  Nah, apa sajakah buku-buku serial anak-anak Mamak itu?  Ini dia buku-bukunya:

  1. BURLIAN (2009)
  2. PUKAT (2010)
  3. AMELIA (2011
  4. ELIANA (2013)

BURLIAN

sumber foto: http://www.mizanestore.com

Judul buku : BURLIAN
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Republika
Tahun Terbit : cetakan pertama 2009, cetakan XII Desember 2015
Halaman : vi + 339 halaman
Ukuran : 13,5 cm x 20,5 cm

Sinopsis:
Kau, sejak dilahirkan memang sudah berbeda, Burlian, special!
Waktu melesat bagai peluru. Akhirnya aku mengerti kini, itulah cara terbaik Mamak dan Bapak menumbuhkan keyakinan dan rasa percaya diriku. Sejak kecil selalu bilang aku special agar aku punya pegangan setiap kali terbentur masalah.
Aku ingat, Bapak dan Mamak selalu bilang, “Kau anak yang kuat Amelia,” agar si bungsu yang sakit-sakitan tumbuh menjadi anak yang kuat. Atau bilang kalimat, “Kau anak pemberani, Eli,” maka jadilah Ayuk Eli seorang pemberani atas banyak hal. Sedangkan pada Kak Pukat, Bapak dan Mamak selalu bilang, “Kau anak yang pintar, dan kini jadilah Kak Pukat seorang peneliti hebat, sepintar kalimat yang selalu ia dengar sejak kecil. Review selengkapnya silahkan klik ini

PUKAT

sumber foto: http://www.mizanestore.com

Judul buku : PUKAT
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Republika
Tahun Terbit : cetakan pertama, February 2010.  Cetakan ke VII, Maret  2015
Halaman : vi + 344 halaman
Ukuran : 13,5 cm x 20,5 cm

Sinopsis:
“Mamak benci pada Pukat!”
“Oi, kau keliru, Pukat. Dengarkan Bapak, tidak ada seorang pun Mamak di atas muka bumi ini yang membenci anaknya sendiri, daging-dagingnya sendiri. Bukankah kau pandai mengkait-kaitkan banyak hal? Kau juga pandai mengartikan banyak hal. Nah, artikan sendiri makna darah-daging itu.”
Bapak benar. Aku mulai menyadarinya di antara demam panas dan gigil tubuh, betapa sabar dan lembut Mamak menyentuh dahiku, memastikan aku baik-baik saja. Mengurus kotoranku, muntahanku, tanpa meninggalkan kewajibannya yang lain sebagai seorang ibu. Itulah Mamakku. Entah sudah berapa juta butir nasi yang disiapkannya. Berapa ratus ribu gelas air minum yang dijerangnya. Bertumpuk-tumpuk piring sayur dan lauk yang boleh jadi sudah setinggi bukit. Penuh kasih-sayang, tanpa pernah berharap imbalan selain doa agar kami menjadi anak yang baik. Bagaimana mungkin aku menuduh Mamak benci kepadaku, tidak sayang lagi?  Review selengkapnya silahkan klik ini

AMELIA

sumber foto: http://www.mizanestore.com

Judul buku : AMELIA
Penulis : Tere Liye
Penerbit. : Republika
Tahun Terbit : cetakan pertama 2013
Halaman : vi + 392 halaman
Ukuran : 13,5 cm x 20,5 cm

Sinopsis :

Selamat datang di dunia Anak-anak Mamak. Dunia yang tidak pernah kalian bayangkan sebelumnya. Di mana rasa ingin tahu dan proses belajar menyatu dengan kepolosan, kenakalan, hingga isengnya dunia anak-anak.

Siapa tidak tahu si sulung Eliana?! Di sekolah, di kampung, di Kota Kecamatan, bahkan Pejabat Kota Kabupaten, semua mengenal ‘Eli si Pemberani’. Maka, jangan pernah coba-coba membuatnya marah.  Anak Mamak nomor dua adalah ‘Pukat si Jenius’. Kelak semua orang akan tahu betapa pintarnya Pukat; calon profesor, penemu hebat, demikian Pak Bin guru sekolahnya membanggakannya.  Yang ketiga adalah anak paling jahil sedunia, Burlian. Ia ‘Anak Spesial’. Tak ada seorang pun yang menandingi keteguhan hatinya. Amelia, si bungsu yang paling disayang. Ia sebal jika diledek hanya akan menjadi ‘Penunggu Rumah’. Kelak, ia tahu sejauh apa pun ia pergi, takdir akan membawanya kembali.  Bapak dan Mamak mereka sungguh telah mewariskan sifat-sifat baik pada keempatnya. Di tengah kesederhanaan dan keterbatasan, tersemat kasih sayang keluarga dan pengorbanan. Sebuah pemahaman baik atas kehidupan yang akan terus melekat hingga mereka tumbuh dewasa.  Review selengkapnya silahkan klik ini

ELIANA

Judul buku : ELIANA
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Republika
Tahun Terbit : cetakan I, Januari 2011
Halaman : iv + 518 halaman
Ukuran : 13,5 cm x 20,5 cm

Sinopsis :

Selamat datang di dunia yang tidak pernah kalian bayangkan. Di mana rasa ingin tahu, proses belajar, menyatu dengan kepolosan, kenakalan, hingga isengnya dunia anak-anak. Selamat datang di sebuah petualangan hebat, ketika persahabatan, pengorbanan, dan pemahaman yang baik atas kehidupan tumbuh dari wajah-wajah ceria terus melekat hingga mereka tumbuh dewasa.

Adalah Eliana, anak sulung Mamak yang pemberani, bersama tiga rekannya, membentuk geng dengan sebutan ’empat buntal’. Berempat mereka kompak, bahu-membahu melewati hari-hari seru, kejadian suka-duka, pantang menyerah. Bahkan, melawan kerakusan di kampung kecil dengan sabuk sungai, dikelilingi hutan, dan dibentengi bukit-bukit hijau. Adalah Mamak yang membesarkan anak-anak dengan disiplin tinggi, tegas, akhlak tidak tercela, serta tanpa kompromi. Dan adalah Bapak yang selalu riang, memberikan teladan dari perbuatan, serta selalu bijak menyikapi masalah.

Eliana buku ke-4 dari Serial Anak-anak Mamak, setelah Burlian (buku ke-2), Pukat (buku ke-3), dan berikutnya Amelia (buku ke-1 yang terbit 2011). Inilah serial terbaik untuk memahami kasih-sayang keluarga, kesederhanaan, serta keteguhan tekad berbuat baik. Selamat datang di dunia yang semoga kita temukan dalam kehidupan keluarga masa depan yang lebih baik.

“Jangan pernah membenci Mamak kau, Eliana. Karena kalau kau tahu sedikit saja apa yang telah seorang Ibu lakukan untukmu, maka yang kau tahu itu sejatinya bahkan belum sepersepuluh dari pengorbanan, rasa cinta, serta rasa sayangnya kepada kalian.  Review selengkapnya silahkan klik ini

Hal yang membuat saya selalu tertarik dengan buku-buku karya Tere Liye, salah satunya Tere Liye menyajikan buku dengan berbagai genre, dari puluhan buku yang sudah ditulisanya, berikut ini genre-genrenya:

NOVEL GENRE ANAK-ANAK & KELUARGA :

1. Hafalan Solat Delisa,

2. Moga Bunda Disayang Allah,

3. Bidadari-Bidadari Surga (recover jadi Dia adalah Kakakku),

4. Eliana, recover menjadi Si Anak Pemberani,

5. Burlian, recover menjadi Si Anak Spesial,

6. Pukat,   recover menjadi Si Anak Pintar,

8. Amelia, recover menjadi Si Anak Kuat,

9. Si Anak Cahaya

10. Si Anak Badai,

GENRE ROMANCE : 

11. Berjuta Rasanya,

12.  Sepotong Hati Yang Baru

13. Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin, 

14. Sunset dan Rosie,

15. Aku Kau dan Sepucuk Angpau Merah,

GENRE FANTASY:

16. Ayahku Bukan Pembohong,

17. Sang Pengintai, recover menjadi Harga Sebuah Percaya,

18. Bumi,

19. Bulan,

20. Matahari,

21. Bintang,

22. Ceros & Batozar

23. Komet

24. Komet Minor

25. Selena (unedited version),

GENRE POLITIK & EKONOMI:

26. Negeri Para Bedebah,

27. Negeri di Ujung Tanduk.

GENRE ACTION:

28. Pulang

29. Pergi

Genre science and fiction bercampur romance, lingkungan hidup:

30. Hujan 

Genre Biografi tapi tidak pure lebih banyak unsur refleksi: 

31. Rembulan Tenggelam di Wajahmu

KUMPULAN PUISI:

32. Dikatakan atau Tidak Dikatakan Itu Tetap Cinta

KUMPULAN QUOTE:

33.  #About friends

34. #About Love,   

35. About Life

GENRE SEJARAH:

36. RINDU

GENRE BIOGRAFI

37.  TENTANG KAMU 

Happy reading! 📖😊

With Love, ❤️

24 thoughts on “Buku Serial Anak-Anak Mamak By Tere Liye

    1. Alhamdulillah, seneng ketemu yg suka serial anak-anak Mamak 😊
      Iya kak, Si Anak Cahaya kabarnya terbit bulan Desember 2018.
      Serial anak-anak Mamak juga di recover buku-bukunya jadi:
      1. Si Anak Kuat
      2. Si Anak Pintar
      3. Si Anak Pemberani
      4. Si Anak Spesial
      Terus nama serial jadi: Seri Anak Nusantara 😊

      Liked by 1 person

      1. Zaleha R

        Suka juga. Punya beberapa bukunya. Serial anak2 mamak (paling suka yg ini), bidadari2 surga, rembulan tenggelam di wajahmu, senja bersama rosie, daun yg jatuh tak pernah membenci angin, ayahku (bukan) pembohong.

        Liked by 1 person

      2. Mantaaaap Mba.
        Buku-buku yang sudah Mba baca memang semua menarik.
        Sudah baca serial bumi? Atau serial action (pulang dan pergi)? Semoga buku-buku lainnya juga sempat dibaca 😊

        Like

      3. Iya Mba, petualangan Ra, Seli dan Ali seru banget. Bukunya sudah ada yg kelima komet, spin off buku ke 4,5 judulnya ceros dan batozar.
        Wow keren, kolektor novel 👍

        Like

    1. Mantaaap. Tasaro GK juga bukunya bagus, meski tebal tetap asik dibaca. Saya belum baca semua karya Tasaro GK.
      Hehe Iya Mba, semoga ada waktu untuk tetap membaca buku di tengah tugas mulia menjadi Ibu ❤️

      Liked by 1 person

      1. Wah Ibu yang hebat. Pasti anak-anaknya seneng kalau Ibunya membaca buku yg satu selera dengan mereka. Mereka jadi semangat. Nanti kalau sudah besar bisa memperkenalkan buku-buku Tere Liye sama mereka 😁
        Kalau sempat, sharing buku-bukunya di blog Mba. Buat referensi saya juga 😊😊
        Terima kasih

        Liked by 1 person

Leave a comment