[Travel Book]: Review Buku Amazing Dubai Karya Utari Giri

Sinopsis:

Dubai, kota kecil di Uni Emirat Arab yang begitu cepat menjelma menjadi kota metropolitan yang mendunia. Jutaan orang datang hanya untuk membuktikan kemegahan kota yang telah tersiar seantero jagad. Tetapi sesungguhnya bukan hanya kotanya yang menarik untuk dikunjungi, kehidupan yang ada di dalamnya ternyata juga tak kalah serunya untuk diulik.

Kisah-kisah dalam buku ini adalah sepenggal cerita yang dialami penulis dalam salah satu episode kehidupan dan keluarganya. Bukan hanya mengenai kisah inspiratif yang dialami penulis sebelum dan selama merantau, namun berbagai ragam cerita informatif tentang kota Dubai disajikan dengan manis dalam buku ini. 

Itulah yang membedakan buku ini dengan buku yang bersumber dari kisah nyata lainnya. Kisah inspiratif bergabung dengan cerita informatif dalam satu buku. Selain itu, bonus sejarah singkat dan tempat-tempat terkenal di Dubai beserta fotonya sekiranya bisa lebih mengenalkan kota metropolitan ini kepada para pembaca.

Buku ini, mengingatkan saya pada salah satu perjalanan 4 tahun lalu (2014) ke kota ini.  Saya mengenal kota Dubai lewat film Mission Impossible: Ghost Protocol yang di bintangi oleh Tom Cruise (release Desember 2011), dimana salah satu settingnya di Burj Khalifa. 

Alhamdulillah saya bisa datang ke kota Dubai, meskipun waktu itu hanya menginap satu malam, saya bersyukur pernah melihat langsung kemegahan kota Dubai yang semakin populer setelah di bangunnya Burj Khalifa (2010).  Waktu itu saya kagum dengan kota ini, kota yang futuristik, banyak bangunan megah tertata rapi, alhamdulillah bahkan saya sempat mampir ke Mall terbesar di dunia yaitu Mall Dubai dan bisa melihat aquarium terbesar di dunia yang ada dalam Mall tersebut,bisa menyaksikan Dubai Fontain, air mancur yang letaknya di bawah Burj Khalifa dan di depan Mall Dubai.  Air mancur ini sendiri terasa semakin menarik karena atraksi yang disajikannya.  Dengan diiringi musik yang menggelora, air mancur ini ikut menari seirama dengan pengiringnya, pokoknya keren 👍.  Mampir juga ke Palm Atlantis, main di pinggir pantainya sambil melihat kemegahan Burj Al Arab, hotel Bintang Tujuh.  Tapi saya tidak menginap di sana, karena super mahal 😅 Bisa melihat dan berfoto dengan background hotelnya saja, saya sudah bahagia.  Kalau ke Dubai, berbagai hal yang serba ter (gedung tertinggi, Mall terbesar, aquarium terbesar, hotel termewah, bisa sekaligus kita lihat. Kesan pertama saat saya menaiki bus menuju tempat yang saya sebutkan, saya benar-benar menikmati kota tersebut yang bersih, rapi, banyak bunga-bunga cantik di pinggir jalan 😍 banyak mobil mewah berseliweran, benar-benar amazing, se-amazing buku yang ditulis oleh Mbak Utari Giri, Dubai memang amazing. 

Lewat buku ini, penulisnya Utari Giri, yang merupakan ibu rumah tangga dengan dua orang putri

berbagi pengalaman hijrahnya ke kota Dubai.  Mulai 2011 hingga saat ini bermukim di kota Dubai, Uni Emirat Arab mengikuti tugas suaminya, seorang insinyur teknik sipil.  Perempuan kelahiran Kediri dengan latar belakang sarjana teknik sipil ini memulai hobi menulisnya sejak kecil.  

Buku mungil dan informatif ini menyajikan info tentang pengalaman penulisnya yang merantau di Dubai.  Membaca buku ini, saya ikut senang dan salut dengan pengalaman penulisnya selama merantau dan sudah merasa nyaman, namun tetap selalu menanamkan dalam diri kedua anaknya untuk mencintai Indonesia,misalnya saat pulang sekolah di apartemen mereka tetap bicara bahasa Indonesia, kemudian masih tetap menyajikan masakan indonesia di meja makan, seperti soto, sate sama lontong, sop ikan, dan lain-lain.  

Bukunya enak dibaca, berbeda dari buku traveling pada umumnya, karena ini berisi pengalaman ibu rumah tangga yang hijrah untuk menemani suaminya bekerja, dan tentunya menyajikan informasi tentang kota Dubai, bahkan beberapa kota di negera Uni Emirat Arab. 

Penulis menjelaskan bahwa Dubai merupakan kota yang bersih dan indah. Walaupun sudah banyak bangunan tinggi dan tidak berpasir, tapi dubai masih melakukan penghijauan.  Mereka tidak asal menanam bunga, bunga ditata dan disusun rapi. Masyarakat pun membantu pemerintah dengan peduli terhadap penghijauan, terbukti denga banyaknya tanaman hijau di balkon apartemen mereka. Untuk masalah kebersihan, pastinya tidak ada yang membuang sampah sembarangan karena sanksinya mereka harus membayar denda. Jika di Indonesia petugas bersih-bersih membersihkan sampah, lain lagi di Dubai, petugas ini membersihkan debu yang mengumpul di pinggir jalan.

Dubai merupakan salah satu kota yang layak untuk dihuni karena sangat aman dan nyaman. Jarang terjadi kejahatan disini, dan Dubai adalah kota yang melindungi kaum wanita. Terdapat beberapa tempat seperti bank, kantor pemerintahan yang menyediakan tempat khusus perempuan.

Baca : review Miracles of Haram

Karena tidak mau tergantung dengan suami dan kasihan dengan anak-anak yang harus telat sampai rumah setelah sekolah karena menaiki angkutan umum (bus), penulis pun mengambil kursus mengemudi . Pemerintah Dubai mewajibkan para pendatang selain Negara Eropa dan Jepang untuk melakukan tes kembali. Jika memiliki SIM yang masih berlaku, diwajibkan untuk mengambil 30 kelas, Jika SIM tidak berlaku selama 10 thn, wajib mengambil 20 kelas. Biaya kursus dihitung per kelas dikali berapa jumlah kelas dan ditambah biaya administrasi lainnya. Tes akhir pun sangat susah didapat karena berhadapan langsung dengan pihak yang berwenang di Jalan raya dari pemerintah Dubai. Setelah lulus, penulis dapat mengemudikan mobilnya kemana pun tanpa membebani suaminya.

Penulis pun berbagi pengalamannya sebagai orang tua, dimana para orang tua tidak perlu khawatir dengan pergaulan anak-anak Dubai. Pergaulan remaja di Dubai sangat berbeda jauh dari Indonesia. Di Dubai tidak ada yang namanya pacaran. Hal seperti itu dianggap tabu bagi masyarakat. Tidak ada remaja berlainan jenis yang berbincang hanya berdua ataupun bergandengan tangan. Tidak hanya remaja, sepasang suami istri akan ditegur bila terlihat bermesraan ditempat umum.

Penulis juga menjelaskan bagaiaman cara Ia melampiaskan rasa rindu dengan keluarga yang berada di tanah air dengan cara berjalan-jalan mengelilingi Uni Emirat Arab.  

Baca: review buku The Naked traveler 7

Dan tentu saja penulis pun memberi informasi destinasi wisata di negara Uni Emirat Arab: 

~> Destinasi pertama yaitu  Ibu Kota Uni Emirat Arab yaitu Abu Dhabi yang terkenal dengan Emirates Palaces, Masjid Sheikh Zayed, dan Ferarri World. 

~> Kemudian disaat libur sekolah datang, penulis menyempatkan untuk pergi ke Ras Al Khaimah yang terkenal dengan wisata untuk bermain Ice Land.

~> Destinasi wisata permainan juga dapat ditemukan di Umm Al Qaiwan yaitu Dream Land, bedanya, disini terdapat Hotel yang sangat unik. Tidak megah, hotel ini berupa tenda-tenda di alam terbuka. 

~> Fujairah.  Terdapat banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi seperti Masjid Tua Al Bidya merupakan masjid yang terletak di punggung pegunungan batu dan menghadap ke pantai.

~> Sedangkan di Emirat Ajman tidak ada yang special hanya kota biasa

~> Al Sharjah adalah Emirat yang terletak dekat Dubai tak heran jika disini banyak penduduk dari Dubai yang tinggal disini karena mahalnya biaya sewa apartment di Dubai

~> Dan yang terakhir adalah Dubai. Terdapat banyak wisata yang dapat dikunjungi kebanyakan semuanya adalah wisata dalam ruangan selain mal, juga banyak tempat belanja, bangunan megah dan modern menjamur di Dubai ada juga atraksi yang terkenal yaitu air mancur menari yang terbeasar di Indonesia, atau Dubai Miracle Garden. 

Selengkapnya, Berikut ini yang bisa dieksplor ketika ke Dubai:

>> Burj Khalifa atau Menara Khalifa merupakan gedung pencakar langit kebanggaan Dubai. Diresmikan pembukaannya pada tanggal 4 Januari 2010 seakan mmpu membuka mata dunia bahwa ada kota kecil di atas gurun pasir yang menjelma menjadi kota metropolitan. Sejak saat itu Dubai menjadi terkenal seantero dunia. Sebagai gedung tertinggi pada saat ini, Burj Khalifa memiliki ketinggian 828 meter. Memiliki lantai sebanyak 160, pengunjung dapat menikmati ketinggiannya hingga lantai 124 saja.  Di dalam gedung Burj Khalifa ini ada atraksi pariwisata, dengan mengeluarkan dana sebesar 95 hingga 125 dirham (setara dengan Rp285.000-Rp375.000), pengunjung sudah bisa mewujudkan impiannya untuk sampai di ketinggian sekitar 640 meter dari tanah. Tidak perlu khawatir berapa lama kita akan berada di dalam lift untuk mencapai ketinggian tersebut, karena di Burj Khalifa telah dilengkapi dengan lift yang super cepat. Kecepatan lift ini mencapai 60 km/jam dan meupakan yang tercepat di dunia.

>> Dubai Mall. Destinasi ini ditujukan kepada para pecinta belanja. Puluhan tempat perbelanjaan mewah tersebar di pelosok kota. Mall ini tidak hanya dikunjungi oleh masyarakat local, wisatawan pun berdatangan ke mall ini. Mall terbesar di dunia ini juga memiliki aquarium terbesar pula didalamnya. Dengan 1200 toko lebih, terdapat tempat menarik lainnya yaitu Dubai Ice Rink, tempat belatih ice skating terutama untuk anak-anak. Terdapa Hotel ewah juga di Dubai Mall dengan harga yang mahal tanpa sepi pengunjung.

>> Destinasi ketiga yaitu Dubai Fountain terletak di depan Dubai Mall. Atraksi air yang tidak biasa dengan diiringi oleh music yang menggelora. Atraksi ini cukup menghibur penonton, kita dapat melihatnya tiap hari mulai jam 18.00 sampai 23.00 15 menit.

>> Palm Atlantis. Sebuah hotel megah yang berdiri dibibir pantai bergaya Arabian merupakan tempat yang paling ingin dikunjungi wisatawan. Tidak hanya bentuknya tetapi letaknya yang unik yaitu dengan membuat pulau buatan berbentuk pohon palem dengan 17 batang.

>> Hotel yang tak kalah famous dan unik adalah Burj Al Arab. Terletak di tengah laut di pulau buatan dilengkapi heliped dan satu-satunya restoran tertinggi. Terdapat lapangan  tenis di atas sehingga seakan melayang di salah satu sisi bangunan.

>> Gold Souq, merupakan tujuan para penggemar dan pemburu logam mulia.

Menurut saya, buku dari kisah pengalaman sang penulis ini bagus, sangat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca. Misalnya penulis menjelaskan bagaimana mengurus visa resident di Dubai, kehidupan di Dubai, Tes mengemudi sehingga pembaca benar-benar mengetahui bagaimana kehidupan di Negeri Pasir tersebut.

Judul Buku          :  Amazing Dubai
Penulis                 : Utari Giri
Penerbit               : Elex Media Komputindo
Tahun Terbit        : 2016

Jumlah Halaman: 197 Halaman

Tertarik untuk berkunjung atau mungkin tinggal di Dubai?  Silahkan baca buku ini untuk referensi persiapan kunjungan kamu ke sana.  Atau negera Uni Emirat Arab masuk dalam bucket list kamu? Semoga terwujud ya.  Yang pasti, saya suka  dengan negara Uni Emirat Arab dan pengen ke sana lagi hehehe.  Saya baru berkunjung ke dua kota, yaitu Dubai (beberapa kali untuk transit saat naik pesawat Emirates, pernah eksplor sehari semalam), dan ke Abu Dhabi (hanya transit saat naik Etihad). 

Happy reading! 📖😊

With Love, ❤️

Advertisements

4 thoughts on “[Travel Book]: Review Buku Amazing Dubai Karya Utari Giri

  1. deadyrizky

    Hmm baru kemarin lihat wawancaranya si arif muhammad binjai selebgram yang terkenal itu
    Dulu dia juga kerja di perhotelan di dubai
    Ah kayaknya dubai tempat kerja impian ya

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s