[Travel Book] : Journey To Andalusia

“Andalusia itu di Turki, ya?”

Tidak banyak generasi muda Muslim yang masih mengetahui jejak sejarah Andalusia. Sebenarnya, Andalusia adalah sejarah yang paripurna, negeri sejuta cahaya, tempat segala hal hebat berawal. Islam pernah menyinari negeri itu dengan ilmu pengetahuan, peradaban, dan kemanusiaan selama 800 tahun. Lebih dari 2/3 sejarah Islam ada di sana.

Kalkulus, algoritma, trigonometri, aljabar, adalah hasil pemikiran ilmuwan muslim bagi kemajuan peradaban. Tanpa penemuan-penemuan itu, tidak akan ada revolusi digital yang kita nikmati saat ini. Catatan perjalanan ini bukan sekadar menjelaskan bahwa Islam pernah berada di Andalusia, wilayah yang kini bernama Spanyol, Portugal, dan sebagian Prancis–bukan di Turki–tapi juga mengingatkan bahwa benderang itu bersumber dari Islam.

Apakah Cordoba masih berpendar cahaya? Seperti apa Mezquita? Semolek apa istana Alhambra? Semua jawabannya ada di dalam catatan ini.

Buku ini merupakan buku pertama dari seri Jelajah Tiga Daulah:
1. Journey To Andalusia
2. Journey to the Greatest Ottoman
3. Journey to Abbasiyah
Membaca buku ini, buat saya ingin

banyak baca buku sejarah lagi. Berbeda dari buku traveling pada umumnya, buku ini juga dilengkapi dengan daftar pustaka berbagai buku yang menjadi sumber informasi tambahan bagi penulisnya Mbak Uttiek. Artinya, selain tentu saja ini buku tentang pengalaman penulis ketika melakukan perjalanan ke Andalusia, namun sang penulis pun membekali diri dengan membaca baca buku sejarah. Dari beberapa buku yang menjadi sumber inspirasi dan rujukan sang penulis, hanya satu buku yang saya tahu dan pernah baca, yaitu 99 Cahaya di langit Eropa. Saya berharap dan berdoa bisa mendatangi negara-negara yang dijelajahi oleh Hanum bersama Rangga, menapaki jejak kejayaaan Islam dimasa lalu. Aamiin. Habis ini harus nyari karena mau baca buku-buku yang ada dalam daftar pustaka. 😂
Ketika membaca buku ini, emosi saya ikut teraduk seperti yang dirasakan oleh penulisnya, misal saat menyaksikan Mezquita di Cordoba, mbak Uttiek menangis 😂 Atau ketika beliau mendengarkan penjelasan local guide tentang sejarah yang ternyata tak sesuai lagi. Tulisan Mba Uttiek berhasil membawa saya membayangkan tentang kegemilangan masa kejayaan Islam di Andalusia serta masa paling suram ketika kekhilafahan Islam jatuh di tangan Ferdinand dan Isabella. Genosida—kata yang membuat batin saya teriris ketika memikirkan nasib para muslim pada saat itu.
Tentunya, ini buku yang menarik sekali. Tidak hanya menampilkan kisah travelling, tetapi sejarah yang melingkupinya. Sejarahnya pun bukan sejarah versi sana yang masih terasa sinis dengan Islam, tetapi sejarah dari sumber lain yang lebih adem dan tenteram.
Buku ini dilengkapi juga dengan info tentang 10 warisan Andalusia untuk dunia. Estimasi budget, tip moslem traveler ke Eropa.

Semoga bisa melakukan perjalanan ke Andalusia. Aamiin Aamiin Aamiin YRA

Baca: review buku The Journey to the Greatest of Ottoman

Judul buku : JOURNEY TO ANDALUSIA
Penulis : Marfuah Panji Astuti
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
Tahun Terbit : 2017
Halaman : 190 halaman

Buku ini sangat menarik buat saya. Cover-nya keren ❤ banyak foto-foto full color ❤ walaupun harganya cukup mahal untuk ukuran buku yang tidak tebal, tapi don’t judge a book buy its price 😁 buku ini ‘worth to buy.’ Recommended banget bagi yang suka baca buku traveling dan ingin mempersiapkan diri untuk melakukan perjalanan ke Andalusia. Seneng bisa baca buku ini, semoga saya juga bisa ke Andalusia #dream #pray Aamiin YRA
Happy reading! 📖😊
With Love 💗

5 thoughts on “[Travel Book] : Journey To Andalusia

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s