[Buku Motivasi Menulis]: 101 Dosa Penulis Pemula

Sinopsis
Ada cara belajar kepenulisan.
Cara pertama adalah memberi tahu bagaimana menulis yang baik dengan berbagai teori. Metode ini lazim dilakukan di sekolah dan lembaga pendidikan.
Cara kedua adalah belajar dari kesalahan sendiri atau orang lain sehingga terhindar dari kesalahan yang sama. Metode diterapkan secara alamiah dalam kehidupan.
Dari jatuh, seorang anak belajar berdiri, berjalan, dan berlari.
Dari gagal, kita belajar untuk sukses.
Dari masalah, kita belajar mencari solusi.
Dari mengetahui

dosa-dosa dalam menulis, kita mengerti bagaimana menulis dengan benar dan menarik.

Banyak orang bisa menulis, tapi tidak bisa mengajarkan menulis dengan baik.
Ada juga yang sangat mnegetahui teori kepenulisan, tapi tidak bisa menulis dengan baik.
Buku ini menjadi jawaban bagi keduanya.

Ditulis seorang jurnalis andal, yang sangat mengerti kepenulisan dan mampu menjabaran dengan cara yang mudah dimengerti siapa saja, bahkan yang awam dunia kepenulisan. Di sisi lain, tetap menjadi masukan berharga bagi mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia kepenulisan untuk menulis lebih baik.
Asma Nadia, Penulis 49 Buku Best Seller

Saya mengenal Isa Alamsyah sebagai orang yang sangat kompeten untuk memberi sentuhan pada sebuah tulisan hingga menjadi jauh lebih menarik, lebih berbobot dan berkualitas.
Saya ingat ketika ia merombak naskah Think Dinar karya Endy Kurniawan yang masih setengah matang menjadi buku best seller nasional. Juga ketika mengutak-atik naskah Gara Gara Indonesia karya Agung Pribadi yang kini juga menjadi buku best seller yang mencengangkan.
Bahkan saya beruntung karena novel saya sendiri Mengejar-Ngejar Mimpi sempat diobrak-abrik Pak Isa sehingga kini menempati deretan buku best seller. Kabar baiknya, semua yang dilakukan beliau ketika merombak naskah, mengacu pada prinsip-prinsip yang ada dalam buku ini. Curi!
Dedi Padiku, Penulis Novel Motivasi Mengejar-Ngejar Mimpi

Judul buku : 101 Dosa Penulis Pemula
Penulis : Isa Alamsyah
Penerbit : AsmaNadia Publishing House
Tahun Terbit : 2014
Halaman : 336 hal
Ukuran : 14 cm x 20,5 cm

Saya bersyukur bisa membaca buku ini. Buku yang memberitahu saya tentang kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh penulis pemula. Bayangkan saja dibahas 101 dosa penulis pemula 😂

Baca: review buku Cinta dalam 99 nama-Mu

Membaca buku ini rasanya saya seperti sedang berada dalam sebuah workshop kepenulisan. Setelah membaca buku ini, membuat saya belajar banyak mengetahui kesalahan apa yang terjadi ketika menulis, sedang belajar memperbaikinya, harus semangat untuk terus latihan dan latihan. Semoga dengan terus latihan bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik dari sebelumnya. Aamiin
Semoga dengan mengetahui, kemudian memperbaiki 101 kesalahan dalam menulis, ke depannya bisa menghasilkan tulisan yang menakjubkan, agar bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Aamiin *fighting* #selfreminder #semangatbelajarmenulis.  Buat kamu yang sedang belajar menulis, saya rekomendasikan untuk membaca buku ini, akan sangat membantu.
Berikut beberapa kutipan dari buku tersebut :

Tantangan buat penulis adalah mencari cara untuk menemukan judul menarik di satu sisi tetapi juga menulis dengan isi yang menarik sehingga karya menjadi menakjubkan. (Halaman 64)
Salah satu tantangan dalam menulis atau bercerita adalah membuat tokohnya menyatu dengan pembaca. Ikut bersedih ketika tokoh sedih. Turut bahagia ketika tokoh bahagia. (Halaman 182).
Mulai sekarang ketika menulis, pikirkan bagaimana cara agar tokoh dalam kisah kita menyatu dengan pembaca. (Halaman 184).
Tugas utama setelah membaca buku ini adalah menemukan motivasi yang kuat kenapa Kamu harus menulis.
Saya sendiri menulis karena percaya dari menulis kita bisa mengubah dunia. Menulis juga menjadi tabungan di akhirat nanti. Selain itu dari tulis menulis kita bisa menghasilkan uang dan mendapatkan penghidupan yang layak serta memiliki kebebasan waktu. Pendeknya menulis adalah pekerjaan yang memberi banyak hal di dunia dan akhirat. Motivasi ini membuat saya kuat begadang nyaris tiap malam. Selain itu saya menikmati kegiatan menulis. Produktivitas akan menjadi lebih kuat jika kita mencintai dunia kepenulisan dan menjadikan kepenulisan sesuatu yang harus dilakukan, sebagai salah satu cara berjuang. (Halaman 316)
Selengkapnya yuk baca bukunya.
Buku tersebut bisa dipesan salah satunya melalui http://www.tokobukuasmanadia.com

Selamat membaca 😊
Happy reading
With Love 💗

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s