[Travel Book]: Jelajah Rusia dengan Trans Siberia

Trans Siberia merupakan salah satu cara paling asyik untuk menjelajah Rusia, negara terluas di dunia. Jalur ini terbentang dari Vladivostok hingga Moskow dan menjadikannya jalur kereta api terpanjang di dunia! Di buku Jelajah Rusia dengan Trans Siberia ini, kita diajak untuk

jalan-jalan keliling Rusia, mulai dari Vladiostok, Khabarovsk, Chita, Ula Ude, Slyudyanka, Irkutsk, Lake Baikal (Olkhon Island), Krasnoyarsk, Novosibirsk, Ekaterinburg, Nizhnym Novgorod, Vladimir, Moskow, hingga St. Petersburg. Buku ini tidak hanya berisi tentang kisah selama di kereta, tapi juga ulasan mengenai kota-kota tersebut. Di dalamnya juga berisi informasi mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan, seperti pemilihan waktu dan rute; visa suport; cara pembelian tiket, dan ketentuan untuk regristasi visa. Lewat buku, rasakan perjalanan di Rusia dengan Trans Siberia!


Judul buku : JELAJAH RUSIA dengan TRANS SIBERIA
Penulis : Kurniawati Setyaningrum
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia
Tahun Terbit : 2017

Dari beberapa buku traveling yang pernah saya baca, saya baru menemukan buku yang menceritakan perjalanan jalur trans Siberia secara khusus satu buku. Salah satu dream journey saya pengen merasakan pengalaman menikmati jalur trans Siberia atau Trans Siberian Railway. Sebelum mewujudkan impian tersebut, mari membaca buku dari pengalaman mba Nia ini 😄 *siapa tahu someday bisa terwujud* Aamiin
Buku ini menurut saya informatif: membahas mulai dari persiapan (waktu, rute, tiket, visa, asuransi perjalanan, uang, pakaian dan perlengkapan, hingga registrasi visa), perjalanan yang dilakukan penulisnya mba Nia, sampai dilengkapi alfabet Cyrillic Rusia, contoh kata dan kalimat dalam bahasa Rusia.

Jalur Trans Siberia adalah rangkaian rel kereta api yang membentang dari Moskow sampai Vladivostok di Rusia Timur Jauh (Russian Far East). Jalur ini menjadi istimewa karena merupakan salah satu jalur kereta api terpanjang di dunia (panjangnya 9.289 km). Selain itu, jalur ini membentang di tujuh zona waktu. Perlu waktu hingga enam hari untuk melakukan perjalanan langsung dari Moskow ke Vladivostok. Begitu juga sebaliknya.

Baca: review buku Miracles of Haram
Pembangunan jalur kereta api dimulai dengan dikeluarkannya dekrit dari pemerintah Rusia pada awal tahun 1891. Saat itu, Rusia masih dipimpin oleh Tsar Alexander III. Jalur ini berhasil diselesaikan pada tahun 1916. (Hal. 5)
Mba Nia melakukan perjalannya dalam waktu 30 hari (visa Rusia maksimal hanya 30 hari), berhenti di beberapa kota, tidak langsung menempuh jalur ini selama 6 hari berturut-turut.
Membaca buku ini seakan diajak berpetualang oleh penulisnya. Bagi Anda yang punya impian untuk menikmati jalur trans Siberian, buku ini bisa menjadi info tambahan dari pengalaman Mba Nia yang sudah 2 kali melakukan perjalanan tersebut. Bagi Anda yang hobi baca buku traveling, buku ini recommended. Harga buku ini sewaktu saya beli di Gramedia Rp 115.000, cukup mahal tapi isinya bagus kok, foto-fotonya juga full color. So enjoy this book 📚 📖
Happy reading! 😊
With Love,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s