[Review Buku] Serba – Serbi Turki : Türkiye’deki Herşeyi

Apa reaksi kamu jika ada orang tak dikenal mengedipkan sebelah matanya sambil melempar senyum ke arahmu? Geli? Takut? Ngeri? Atau justru baper? Apalagi jika yang mengedipkan sebelah matanya adalah sosok berparas indah…

Orang bilang sekolah di luar negeri itu mahal, susah, ribet, serem, dan lain-lain. Awalnya saya juga berpikir demikian karena dulu cuma lihatnya dari kulit luar aja. Eh, setelah dijalani sendiri, ternyata…

Konya merupakan satu di antara kota tertua di Turki selain Istanbul dan Bursa (yang pernah tecatat sebagai ibu kota) di masa Kekaisaran Ustmani. Jika kalian penasaran dengan penampakan Konya, cobalah untuk membayangkan ‘Kota Tua’-nya Jakarta atau ‘Braga’-nya Bandung.

Dalam adat

pernikahan Turki, terdapat satu budaya unik yang menjadi kunci awal diterima atau ditolaknya lamaran nikah seseorang. Apa itu? Ya, kopi asin!
***

Saat kali pertama ide menulis buku SST ini muncul, mimpi kami adalah membuat sebuah buku tentang Turki yang ketika orang membacanya, mereka bisa tahu atau membayangkan gambaran lengkap tentang seperti apa negara ini. Bagaimana orang-orangnya, sikap dan perangainya terhadap orang asing, samakah kebiasaan harian mereka dengan kita di Indonesia, ada objek wisata apa di Turki dan apa saja konsep sejarah yang melatarbelakanginya, perpaduan budaya Asia dan Eropa di Turki itu seperti apa, anekdot kebap Turki, dan sebagainya. Akhirnya, sampailah pada satu kesimpulan: kayaknya asyik deh kalau ada buku yang bisa mencakup semua informasi ini! Maka, lahirlah Serba Serbi Turki (SST).

Baca: petualangan yang spektakuler di Turki

Judul buku : Serba Serbi Turki Türkiye’deki Herşeyi
Penulis : Erna Eruna | Naelil M. | Neira
Penerbit : Leutika Pro
Tahun Terbit : Maret 2017
Jumlah Halaman : 290 Halaman

Baca: review buku Best of Turki

Setelah baca buku ini, jadi pengen ke Turki lagi 😂 terus explore lagi Lima objet wisata wajib Istanbul. Lanjut ke: Trabzon, the city of Hamsi. Sanliurfa , the lands of Prophets. Gaziantep, the kitchen of Turkey. Nevsehir / Kapadokya. Konya, the city of love. Pamukkale serta Izmir dan Ege Bolgesi (semoga bisa kesana, Aamiin ya Allah 🙏🙏🙏).
Bagi siapapun yang ingin ke Turki, atau bahkan berencana tinggal di Turki, apalagi kalau mau kuliah di Turki, buku ini recommended banget buat dibaca. Bagi saya pribadi, buku ini untuk menambah pengetahuan tentang Turki. Selain itu juga dengan membaca buku ini bisa prepare agar tidak culture shock, sebab yang ditulis buku ini atas pengalaman para penulis yang berasal dari Indonesia (tepatnya pelajar) dan tinggal di Turki. Nah bagi yang berniat mencari beasiswa di Turki juga ada infonya di buku tersebut. Senang sekali bisa membaca buku ini karena isi nya tidak saja info tentang traveling di Turki, tetapi dilengkapi daily life di Turki, study in Turkey, Turkey Cuisine, ras Turki, kehidupan agama, menikah ala Turki, juga ada guidance for foreigners. Bagi kamu yang ingin pergi ke Turki, berencana tinggal disana, atau bahkan dapat jodoh orang Turki, sebaiknya bacalah buku ini untuk bekal pengetahuan. Pesan dari penulisnya, sebelum datang ke Turki, alangkah baik nya untuk membekali diri dengan mempelajari sedikit bahasa Turki. Dalam buku tersebut juga ada mini dictionary. Jadi buat kamu yang berencana akan pergi ke Turki dalam waktu dekat, yuk baca buku ini!

Selamat membaca 😊 and happy reading 😊🙏

With Love,

Advertisements

2 thoughts on “[Review Buku] Serba – Serbi Turki : Türkiye’deki Herşeyi

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s