Mengunjungi Pekanbaru, Riau

Pekanbaru , terletak di provinsi Riau, pulau Sumatera. ย Padaย kesempatan itu, ketika
pertama kali mengunjungi kota Pekanbaru, saya dan keluarga menginap selama dua malam di Jatra Hotel lantai 6. Hotelnya juga dekat sekali dengan Mall Pekanbaru.
Ternyata di kota Pekanbaru tidak ada wisata alam, adanya wisata kuliner, mall, banyak hotel , banyak cafe. Info dari pak driver yang asli kota tersebut, katanya memang warga disana senang sekali makan (pergi ke restaurant), senang ngopi, makanya banyak restoran dan cafe-cafe. Kalau mau wisata alam sebetulnya ada tempat wisata di luar kota Pekanbaru. Kalau senang wisata sejarah bisa mengunjungi kabupaten Siak, ada istana Siak dengan Sultan yang terkenalnya yaitu Sultan Syarif Kasim II. Kemudian ada Situs Candi Muara Takus yang merupakan sebuah situs candi Buddha yang terletak di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia. Situs ini berjarak kurang lebih 135 kilometer dari Kota Pekanbaru.
Atau kalau mau lebih jauh menikmati wisata alam bisa ke Bukittinggi, perjalanan nya sekitar 6 jam. Dikarenakan waktu kunjungan kami hanya 3 hari dua malam sekaligus menghadiri acara adik sepupu (peserta Olimpiade Sains Nasional 2017) sehingga kami menikmati wisata yang tersaji dรฌ Pekanbaru, wisata kuliner ๐Ÿ˜
Beberapa tempat kuliner yang terkenal di Pekanbaru salah satu nya restoran Sariroso (cobain rendang bakarnya , emmmmm enaaaaak sekali! ) habis itu cobain makan duren di tempat, enaaaak !
Banyak tempat jualan duren, toko yang menjual pancake duren juga ada (oleh -oleh khas Riau). Kalau suka duren dan mau beli oleh-oleh Khadijah Pancake Durian, Khadijah Durian Kupas, Alamatnya Jalan Jenderal Sudirman No.60, Telp (0761) 37692 – 082390384000. Cobain juga kantin Ully dibelakang kantor Gubernur, makanannya enak, minuman yang saya suka juice terong belanda. Satu lagi Gerai Oleh-Oleh Khas Riau Mimie (Bolu Kemojo Mimie) ini ada berbagai macam rasa, salah satu nya rasa pandan, kebetulan saya sempat datang ke toko kuenya, ternyata kalau di makan selagi hangat lebih enak lagi, mantaaaap! ๐Ÿ˜ƒ di tokonya juga menjual berbagai macam makanan. Ketika saya ke Pekanbaru, baru sekitar seminggu habis lebaran idul fitri, yang menurut info dari ibu pemilik toko bolu Mimie Kemojo, di Pekanbaru libur lebaran itu sekitar dua minggu (pantas saja ketika saya disana, masih banyak restoran serta cafe-cafe yang masih tutup). Kalaupun toko nya buka karena ibu ini banyak di telpon untuk memesan bolu mimie kemojo.
Selama di Pekanbaru berkesempatan juga menyaksikan moment pengumuman pemenang OSN 2017 di Gelanggang Remaja yang dihadiri pula oleh bapak Gubernur Riau. Acara yang menyenangkan, seneng bisa melihat budaya Riau yang khas dengan Budaya Melayu nya yang ditampilkan selama acara sebelum pengumuman. Senang juga bisa melihat adik-adik SD, SMP dan SMA dari seluruh Indonesia bahkan dengan kostum khas dari berbagai daerah (duh serasa keliling Indonesia saja bisa menyaksikan adik-adik dari berbagai provinsi di Nusantara ๐Ÿ˜Š). Meskipun adik sepupu saya belum juara, saya bersyukur dan bangga karena adik saya mewakili provinsi Banten di arena tingkat Nasional. Saya juga senang bisa datang ke Pekanbaru.

Happy traveling! ๐Ÿ˜ƒ

With Love,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s