Pierre Loti Hill


image

Menikmati coklat panas sebelum pulang

Menikmati coklat panas sebelum pulang 😍

Sebetulnya tempat ini tidak ada dalam itinerary  kami, namun dikarenakan saat itu cuacanya kurang baik sehingga tujuan wisata Bosphorus cruise dicancel, dan pukul 11.00 kami harus sudah ada di bandara, maka tour guide kami membawa ke tempat yang bernama Pierre Loti Hill.
Tempatnya berada diatas bukit. Pagi itu cafenya baru buka, awalnya saya ingin sekali mencoba minuman Sahlep yang katanya enak banget, tapi belum siap sehingga saya memilih hot chocolate, atau bisa pesan juga turkish tea, di tempat tersebut saya lebih menikmati suasana yang asik apalagi bersama keluarga, waktu yang sangat berharga sekali. Oh iya, jajan simit juga, jadinya meski kunjungan kesana cukup singkat sekitar sejam karena harus meneruskan perjalanan menuju bandara, tapi tempat tersebut terekam dalam benak saya sebagai salah satu spot kece di Istanbul, penutup yang ciamik dari rangkaian perjalanan pertama kami ke Turki. Oh iya, di cafe tersebut saya bisa melihat kucing yang bersih dan unyu-unyu bikin gemes deh hehe, suasana dan pemandangannya meskipun pagi itu berkabut namun tetap saja saya sangat suka menikmati pemandangan Istanbul dari bukit Pierre Loti apalagi kalau dihubungkan dari nilai sejarah tempat tersebut. Wah tetep aja sekalipun cafe masih ada unsur sejarahnya.

Dilihat dari sejarahnya, Pierre Lotti nama aslinya : Louis Marie Julien Viaud (1850 – 1923), seorang tentara Prancis yang bertugas di Istanbul tahun 1876. Ia kagum pada kehidupan Ottoman dan akhirnya tinggal di Istanbul. Selain berprofesi sebagai tentara, Pierre Loti juga banyak menulis novel yang diakui oleh publik. Ketika di Istanbul, ia bertemu denga wanita Turkey yang namanya Aziyade dan menuliskannya dalam salah satu bukunya.
Ketika jaman peperangan Pierre Loti mengkritik dunia eropa dan menuliskannya dalam sebuah buku. Dia selalu membela Turki sehingga akhirnya ia mendapat simpati dari orang-orang Turki. Pada tahun 1920, Loti diterima sebagai warga kehormatan Istanbul dan namanya diabadikan pada sebuah jalan di Davanyolu sebagai “Pierre Loti Street” dan cafe di Eyup sebagai “Pierre Loti Cafe.” Bukit tempat cafe itu berada disebut juga sebagai Pierre Loti Hill.
Bila ke Istanbul, tempat ini bisa jadi pilihan untuk sekedar menikmati waktu santai bersama keluarga, pasangan, atau sahabat.
Happy dan terima kasih untuk rekomendasinya mas tour guide 👍👏    teşekkür ederim Turkey dan tour guide Abdurrezak Solak, yang sudah menemani perjalanan kami selama disana.
Salam kece dari Pierre Loti Hill 😍

 

image

Dan mereka berdua saling menyayangi. Ah mpus so sweet 😊😍

image

image

Kucingnya lucu-lucu pengen rasanya bawa pulang satu 😃

Kalau ke Istanbul, sempatkahlah mampir ke spot kece ini ya 🙂

Enjoy and happy travelinng! 🙂

With Love,

Advertisements

2 thoughts on “Pierre Loti Hill

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s