Berpetualang ke Kota Bawah Tanah

    imageSelamat datang di kota bawah tanah, dan mari berpetualang ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜„

Wisata ke Turki,ย biasanya mungkin
imajinasi kita akanmelayang ke berbagai mesjid berarsitektur indah dan istana bersejarah peninggalan Kesultanan Utsmani (Ottoman) yang bertebaran di kota Istanbul. Namun ternyata jauh di seberang Laut Marmara, di kawasan Turki Asia (Anatolia/Antalya) pun terdapat berbagai obyek wisata sejarah maupun alam yang tidak kalah menarik serta menakjubkan. Salah satunya adalah Cappadocia, di mana terdapat paduan menarik antara sentuhan tangan Tuhan dan manusia. Di antara jalinan tebing dan kontur unik ngarai yang dihiasi berbagai bunga khas pegunungan, terdapat sebuah jejak sejarah peninggalan nenek moyang bangsa Turki yang tidak kalah menariknya. Dan pada perjalanan tersebut kami dibawa mengunjungi dan berpetualangย  menjelajah Kaymaklฤฑ, kota bawah tanah. Daerah wisata ini masuk dalam UNESCO, sejak tahun 1985.
Setelah menyerahkan tiket masuk, kami pun dibawa menuju kota bawah tanah, suhu udara di dalamnya sangat lembab.

Pintu masuk dan pintu keluar...

Pintu masuk dan pintu keluar…

Suasana di dalam kota bawah tanah

Suasana di dalam kota bawah tanah

Menurut info, Kota Derinkuyu dan Kaymakli adalah contoh kota bawah tanah terbaik yang difungsikan sebagai tempat tinggal.ย ย Kompleks terbesar kota bawah tanah di Cappadocia terdiri dari 18 lantai, sedalam 85 m. Di dalamnya terdapat air segar yang mengalir, ventilasi, tempat tinggal yang disekat-sekat, kamar, sumur, kuburan, gudang senjata, dan rute untuk melarikan diri. Satu kompleks ini dapat digunakan sebagai tempat tinggal bagi 20.000 orang. Untuk siklus udaranya dibuat 52 lubang udara, yang salah satunya mencapai kedalam 55 m. Beberapa sumur memang sengaja tidak terhubung dengan permukaan, kemungkinan ini digunakan untuk melindungi penghuninya dari keracunan pada saat terjadi penggerebekan.
Saat berada di dalamnya dan kami diceritakan mengenai sejarahnya, bahkan ditunjukkan ke salah satu ruangan tempat pembuatan roti berawal, hingga menjadikan roti sebagai makanan pokok bagi orang Turki hingga sekarang. Menyusuri setiap sudut kota kuno tersebut sensasinya serasa berpetualang ke negeri nenek moyang bangsa Turki. Apalagi menyusuri lorong-lorong kecil dan sempit yang hanya mampu dilewati oleh satu orang. Ah tidak menyangka jaman dulu mereka memiliki tempat persembunyian di kota bawah tanah. Seru dan menyenangkan juga, saya senang dapat mengunjungi wisata sejarah di tempat tersebut, ini baru petualangan yang super seru ๐Ÿ˜„๐Ÿ‘

Tiket masuknya

Tiket masuknya

ย 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s