Visit Attaturk Maoseleum

image

Setelah check out dari hotel Holiday Inn di Ankara, maka perjalanan kami lanjutkan menuju Ataturk Maoseleum.
Sebelum memasuki museum, kami turun dari omobil kecuali anak-anak, setelah selesai di check kami pun menaiki kendaraan beberapa ratus meter kemudian sampailah. Keluar dari mobil rasanya menggigil saking dinginnya. Pada saat kami berada di tempat tersebut suhu sudah mencapai minus empat, dan diselimuti salju. Tempat ini memiliki nilai perjalanan sejarah presiden pertama Turki yang dikenal dengan Bapak Pembangunan yaitu Mustafa Kemal AtatΓΌrk.
623 tahun pemerintah Ottoman dihapus dan diganti dengan pemerintahan yang baru β€œRepublik Turki” yang resmi diproklamasikan pada 29 Oktober 1932 di Ankara. Mustafa Kemal menjadi presiden pertama dari pemerintahan republic ini dan memberi gelar kehormatan β€œAtatΓΌrk” (Bapak bangsa Turki). Mustafa Kemal AtatΓΌrk sebenarnya lahir di Yunani. Pendiri Turki modern ini lahir pada tahun 1881 di kota Selanik atau sekarang dikenal dengan Thessaloniki.
Tour guide pun membawa kami mendatangi setiap sudut dalam museum tersebut dan menceritakan mulai dari awal perjalanan kariernya hingga meninggal dan makamnya yang berada di bawah dan pintu menuju makamnya digaja pula dengan ketat, sementara diatasnya hanya simbol saja. Di dalamnya terpampang foto ketika masih muda hingga beliau menjadi presiden, bahkan baju-nya pun masih dipajang rapi dan dijaga sangat ketat. Di dalam museum saya hanya sibuk mendengarkan penjelasan dari tour guide, baru setelah keluar dari museum kami dipersilahkan apabila ingin melihat bagian atas dipersilahkan sementara ia menunggu diluar. Oh iya, di tempat tersebut berdiri tiang bendera Turki yang menurut info dari tour guide-nya merupakan tiang bendera tertinggi di Eropa mencapai tinggi 50 meter. Setelah mengunjungi tempat tersebut rasanya kami seperti akan dibawa berpetualang menuju destinasi wisata Turki yang menakjubkan lainnya πŸ˜„πŸ˜„ Selanjutnya kami akan dibawa menuju Citadel of Ankara.

With Love,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s