Topkapi Palace Museum

IMG_2392

di dalam kompleks musium Topkapi palace

Dihari pertama, destinasi wisata kami menuju Topkapi Palace. Untuk menuju kesana kita perlu berjalan kaki, sebelum

memasuki kawasan yang dituju ada yang jualan cemilan, namanya simit, saya jajan dan saya suka simit 🙂 Pas udara dingin, nyemil, disuguhi pemandangan keren, mantap!  Tiket sudah diurus oleh tour guide kami, kami hanya tinggal memasuki kawasan wisata sejarah dimana menyimpan banyak benda bernilai sejarah misal seperti jubah Fatimah Azzahra putri Rasulullah, jubah Husein cucu Rasulullah dan juga jubah Ali (menantu Rasulullah), bahkan ada janggut Rasulullah.  Sayangnya disana penjagaannya cukup ketat dan kami tidak boleh ambil foto.  Bagi yang suka berwisata sejarah, datang ke tempat tersebut akan terasa kental sekali unsur sejarah islam nya. 

 

Istana Topkapı (bahasa Turki: Topkapı Sarayı), biasanya dieja “Topkapi” dalam bahasa Inggris) adalah istana di Istanbul – Turki, yang merupakan kediaman resmi Sultan Utsmniyah selama lebih dari 600 tahun (1465-1856)

Pembangunan istana ini dimulai pada tahun 1459 atas perintah Sultan Mehmed II.  Kompleks istana terdiri dari empat lapangan utama dan banyak bangunan-bangunan kecil. Selain sebagai tempat tinggal kerajaan, istana digunakan untuk acara-acara kenegaraan dan hiburan kerajaan. Sekarang menjadi daya tarik wisata dan berisi peninggalan suci penting dari dunia Muslim, termasuk pedang dan jubah Nabi Muhammad.

Setelah jatuhnya Utsmaniyah pada tahun 1921, Istana ini dijadikan museum berdasarkan dekret pemerintah tanggal 3 April 1924. Istana ini merupakan bagian dari wilayah bersejarah di Istanbul, yang merupakan situs warisan dunia UNESCO. 

Kalau ke Istanbul, tempat wisata ini jangan sampai terlewatkan 🙂

 

 
 
 
 
 
 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s