Pesona Alam Kawah Putih

This slideshow requires JavaScript.

Tepatnya tanggal 12 Desember 2010, saya dan teman-teman pergi ke Bandung. Rencana awalnya akan banyak teman-teman yang ikut, tapi ternyata teman-temanku masih sibuk dengan kerjaan mereka.ย  Padahal saya sudah sounding dari sekitar sebulan kurang agar mereka menyempatkan waktu sehari saja. Awalnya sempet sedih karena sahabat-sahabatku tak semuanya bisa ikut ๐Ÿ˜ฆ Saya memutuskan untuk tetap pergi bersama teman-temanku yang mau ikut.ย  Sebetulnya, saya dan teman-teman masih banyak kerjaan, hanya saja waktu itu kita nekad jalan walaupun hari seninnya harus kembali berkutat dengar kerjaan yang menumpuk dan kemacetan di tengah rimba ibukota Jakarta yang selalu hadir ditengah rutinitasku menuju tempat kerja.ย  Terlalu sering menikmati suasana kemacetan Jakarta, membuat otak ini terasa sumpek,ย  satu-satunya cara untuk jaga semangat kerja salah satunya dengan memberikan ruang dan waktu pada otak untuk jalan-jalan wisata alam yang akan me-refresh my mind.ย  Saya memilih Kawah Putih sebagai tujuan utama jalan-jalan bareng.ย  Sebetulnya, ini adalah pilihan yang sederhana. Kawah Putih punya pesona tersendiri dimataku.ย  Saya sering pergi ke Bandung, tapi biasanya untuk sekedar wiskul, dan berkutat di daerah Dago, Bandung kotanya deh pokoknya. Pilihan kali ini ke Kawah Putih, sebagai bagian dari kecintaanku pada alam. Aku suka jalan-jalan, tapi terlalu sering jalan di Mall to Mall membuatku ingin mencari suasana lain dan berbeda. Sebetulnya banyak sih wisata alam yang bisa dikunjungi, tapi suasana yang disajikan Kawah Putih berbeda.

ย Saya, Eka, Rini, Dede, Atha, dan Enah. Kami berenam hari minggu pagiย  itu pergi bersama. Paginya disertai hujan deras yang terus membasahi hampir sepanjang perjalanan kami dari Jakarta menuju Bandung.ย  Saya hanya bisa berdoa, ditengah dinginnya udara yang kami rasakan, semoga saja Allah SWT melancarkan perjalanan kami, dan membuat hari kami berjalan lancar. Sekitar 2 jam perjalanan, kami keluar tol dari arah Kopo, tidak keluar lewat tol Pasteur, karena

tujuan kami kali itu ke daerah Ciwidey, tempat dimana kawasan Kawah Putih tepatnya berada. Dari Bandung kota, jarak yang ditempuh sekitar 46 km kurang lebih 2,5 jam, melewati rute yang macet karena beberapa kali lewat pasar, dan yang pasti akan melewati jalanan off road yang seru banget kalau menurutku, ditambah lagi pemandangan alam serta lingkungan pesawahan dan pertanian yang sedap dipandang mata serta menyejukkan jiwa. Saya seneng banget ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏูู„ูู„ู‘ู‡ู rencana dan keinginanku dikabulkan ุงู„ู„ู‘ู‡ู . Tepat jam 12 lebih sedikit kami tiba disana, agak siang memang kami sampai disana, dikarenakan hujan mulai dari Jakarta membuat sedikit ngaret teman-teman kita kumpulnya, perjalanannya super duper lancar. Awalnya, kami akan membawa kendaraan kami ke Lokasi Kawah Putih, namun ternyata bayar satu kendaraan harganya Rp 250.000,00. Sehingga kami mengurungkan niat kami membawa mobil, dan memilih naik mobil omprengan yang jauh lebih murah harganya, per orang dikenakan biaya Rp 25.000 untuk pulang pergi, lumayanlah menghemat biaya ๐Ÿ˜€ jarak ke Lokasi Kawah Putih beberapa kilometer, jalananya wuiiiihhhh mantaaaap banget.ย  Kalau ga biasa, dengan kondisi jalanan yang nanjak dan offroad bisa-bisa berhenti di tengah jalan. Selama di omprengan, saya dan teman-teman diantara para ibu-ibu dan Bapa-Bapa, ternyata kamilah yang paling berisik. Satu mobil omprengan muat untuk 13 orang, disarankan kalau pergi kesana harus bawa jaket yang tebal. Meskipun saya bawa jaket tebal, tapi di lokasi saya tidak menggunakannya, karena sengaja ingin bersentuhan dengan alamnya langsung serta merasakan nikmatnya rasa dingin yang menusuk tulangku. Saat itu, saya hanya menggunakan pasminah.ย  Sepanjang perjalanan naik mobil omprengan, hatiku menari-nari merasakan keseruan yang begitu saya dambakan.ย  Dalam hatiku terus berucap rasa syukur pada Allah atas keindahan alam yang diciptakannya, serta sebuah kesempatan yang diberikan padaku untuk menikmati kawah putih. Setelah tiba diย  atas, dan turun dari mobil omprengan, kita jalan kaki menuju lokasi Kawah Putih yang berada di bawah.ย  Pertama kali saya melihatnya, huaaaaa saya merasa takjub dibuatnya, hanya kalimat ini yang bisa kuucapkan “wow, it’s so beautiful” Sayaย  tak pandai merangkai kata untuk melukiskan keindahan Kawah Putih, namun yang pasti buat pecinta alam dan hobi bertualang menjelajahi alam, Kawah Putih adalah salah satu tempat indah yang dimiliki Indonesia yang sanggup untuk menyihir mata Anda untuk semakin mengagumi ciptaan-Nya. Sayangnya, saya tak bisa berlama-lama berada di kawasan tersebut ๐Ÿ˜ฆย  karena kabut begitu tebal serta hujan pun mulai turun, satu catatan penting, kita dilarang berada lama-lama dikawasan tersebut jika belerangnya tercium begitu menyengat, sebab belerang tersebut jika terisap terus menerus akan beracun. Apalagi lokasi gua yang berada disana juga tidak boleh lama-lama karena belerangnya beracun. Hanya sekitar sejaman saya dan teman-temanku berada disana. Wah jika saja kondisi cuaca saat itu terang, pasti akan lebih indah dan menakjubkan deh cantiknya Kawah Putih ๐Ÿ˜€ Meskipun cuacanya kurang mendukang, kita semua have fun, dan yang tak kalah penting kita bisa berfoto ria dengan angle foto yang bisa diambil dari sudut manapun keliatan oke.ย  Beruntunglah salah seorang temanku Eka, membawa camera Nikon, sehingga dengan jepretan camera tersebut bisa menghasilkan foto-foto yang cool pisan euyย  ฦ—ฦ—ษฦ—ฦ—ษฦ—ฦ—ษ”ฬฎ . Selesai menikmati tujuan utama kita pergi ke Bandung, tujuan selanjutnya adalah Situ Patengan.

Sayang banget kalau ke Kawah Putih cuma mengunjungi satu tempat saja, meskipun ada beberapa lokasi wisata yang berdekatan, seperti pemandian air panas, kebun strawberry, tapi kita memilih Situ Patengan sebagai next trip kita waktu itu. Melalui jalur Situ Patengan akan melewati perkebunan teh yang indaaaaahhh banget, suasananya hampir mirip di Puncak sih perkebunan tehnya, wah hari itu kita bener-bener dimanjain oleh lingkungan alam yang membuat mata terasa sejuk.

Tiket masuk ke Situ Patengan per orang dikenakan biaya sekitar Rp 6.000 plus mobil parkir total sekitar Rp 52.000. Wisata murah meriah tapi tetep bakalan disuguhi pemandangan yang oke banget. Di Situ Patengan adaย  sebuah pulau dimana ditengah pulau tersebut ฮฑฯ‘ฮฑ batu berbentuk cinta, kalau mau menuju tersebut harus naikย  perahu dan dikenakan biaya sekitar seratus ribuan. Menurutku, Situ Patengan mirip sebuah danau yang sangat cantik. Bedanya dengan Kawah Putih, dipinggiran danau banyak penjual yang menawarkan dan menyediakan barang-barang buat oleh-oleh tepat berada di tempat wisatanya. Sementara di kawah putih tidak ฮฑฯ‘ฮฑ penjual makanan, hanya tersedia pas pintu masuk memasuki kawasan wisatanya. Tapi aku masih terpesona sama keindahan Kawah Putih serta serunya naik omprengan wuuuiiiiihhh rasanya bisa teriak sepuasnya udah berasa naik halilintar aja kayak di Dufan ๐Ÿ˜€ย  ฦ—ฦ—ษฦ—ฦ—ษฦ—ฦ—ษ”ฬฎ

Puas menikmati alam Situ Patengan serta sempat jajan disana next trip nyari tempat makan, akhirnya kita memutuskan untuk wiskul di Bandung Kotanya, dan kebetulan ฮฑฯ‘ฮฑ satu tempat yang ingin aku datangi untuk beli oleh-oleh khas Bandung. Keluargaku memesan oleh-oleh Somay & Batagor Kingsley yang berada di jalan Veteran (ini salah satu tempat yang sering dikunjungi orang yang mau beli oleh-oleh, batagornya muantab pisan, lumayan sih harganya per batagor sekitar Rp 7.000,ย  bisa bikin kantong jebol kalau beli oleh-oleh buanyakย  disini. Namun, jangan tanyakan masalah rasa, harga memang tidak pernah bisa bohong dengan rasanya, kualitas berbanding lurus dengan harga :D). Ke Bandung memang belum lengkap kalau belum wiskul sama mampir ke FO (Factory Outlet), dan ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏูู„ูู„ู‘ู‡ู hari itu saya tidak nyangka banget bisa mewujudkan rencana bareng teman-temanku, ga nyangka acara bisa selancar itu, ga nyangka kita bisa se-have fun begitu, ga nyangka pula dalam sehari kita bisa mengunjingi dan menikmati banyak tempat. It’s so amazing, terima kasih yaa ุงู„ู„ู‘ู‡ู untuk hari indah bersama teman-temanku.

Special thanks pastinya buat Eka, Rini, Dede, Atha, dan Enah. Thank u so much guys, karena sudah menyempatkan waktuย  buat saya, menemani dan mewujudkan rencana-rencanaku.ย  Suatu kenangan indah yang tak akan saya lupakan di hari bersama mereka ๐Ÿ™‚