Losari Coffee Plantation

This slideshow requires JavaScript.

Tanggal 29 July sampai dengan tanggal 31 July 2010, kantor mengadakan acara training di Magelang (Jawa Tengah).¬† Pagi-pagi buta, saya harus berkumpul di bandara, bersama rombongan teman-teman kantor naik pesawat pukul 06.20 Wib. ¬†Sekitar ¬†jam 04.10 pagi ¬†sudah harus kumpul di bandara.¬† Di butuhkan waktu sekitar kurang dari sejam jarak dari Jakarta menuju bandara Adisucipto (Yogyakarta).¬† Saat mendarat di bandara Adisucipto, kami disambut dengan cuaca yang cerah.¬† Dari bandara, perjalanan menuju Magelang di lanjutkan dengan naik Bus.¬† Breakfast pun dilakukan di mobil, makan Gudeg Yu Djum.¬† Perjalanan kali ini melewati Jogja bukan untuk wiskul, hanya lewat aja, tapi dengan kehadiran Yu Djum, sedikit mengobati kerinduan akan kota Jogja.¬† Kalau ke Jogja kan biasanya wiskul (soalnya banyak makanan yang bikin ngiler hehehe).¬† Entah kenapa, saya suka dengan gudeg Yu Djum (favorit malahan), padahal menurut teman saya yang asli Jogja “yang namanya gudeg ya sama aja”, tapi¬† menurut saya kok rasanya beda ya? ¬†Pernah saya datangi langsung gudeg Yu Djum, padahal di tempat itu banyak yang jualan gudeg, tapi laris-nya duluan Yu Djum, pagi-pagi saya datang kesana, sudah hampir habis.¬† Saya & Tante-ku yang asli orang Jogja, memang lebih prefer ke Yu Djum kalau urusan makan gudeg.¬† Ooops kok aku jadi bahas makanan ya, hmmm mungkin efek dari ga bisa wiskul di Jogja kali ya hehehe….

Oya, sesampainya di tempat tujuan yaitu di Losari Coffee Plantation yang tepatnya berada di kabupaten Magelang, kita disambut dengan suasana yang hangat.  Kesan pertama  dateng kesana, seneng banget karena bisa merasakan suasana berbeda, udaranya masih fresh, dan suasana alaminya terasa banget.  Gak nyesel dech dateng jauh-jauh, karena feeling-ku bisa dapetin sesuatu yang belum pernah didapatkan.  Tebakanku ternyata tak melesat, acara training yang diadakan kantorku memberiku banyak kesan, dan pelajaran berharga.  Apalagi presentasi yang dibawakan NAC saat training dikemas dengan unik, sehingga meskipun jadwalnya padet banget, terkesan tidak membosankan, malah menurutku seru.  Kak Ronald dan Kak Arief serta team-nya bener-bener apik membawakan acaranya.  Ada sesi dimana membuatku berkesan banget, mengharukan, touch my heart dech pokoknya.  Saya  belajar banyak hal yang cuma bisa dirasakan sendiri manfaat dari acara ini.  Secara keseluruhan, aku jadi merasa jadi lebih tahu karakter-karakter dalam perusahaanku.  Satu hal yang bisa dipelajari dari training ini adalah tentang togetherness, sebagai bagian dari perusahaan, saya tak bisa kerja sendiri, kita team work, and how to make a good team, salah satunya bisa mengenal karakter dalam team kita, agar kita bisa saling menghargai perbedaan diantara kita, serta mencari solusi terbaik untuk kebaikan dalam sebuah team sehingga bisa memberikan yang terbaik bagi perusahaan (huaduh kok terkesan idealis banget yah hehehe).  Intinya sich,  seneng ikutan acara kantorku, karena bisa merasakan kebersamaan yang belum tentu bisa di dapatkan setiap saat, apalagi kalau udah back to work dengan kerjaan yang kadang unpredictable.  Acaranya dari pagi sampai malam, ada moment yang seru, yaitu pada saat acara firework di malam pertama acara training, kayaknya penuh tantangan banget, tapi saya tidak ikutan.  Acara yang gak kalah seru pas dinner malem pertama pake acara di tutup mata, satu team terdiri dari 2 orang (gak bisa milih mau dengan siapa karena udah ditentuin pihak panitia, hmm untungnya saya sama perempuan satu team-nya,  sama Mba Nyitnyit,  Alhamdulillah aku se-team ma perempuan.  Allah emang baik dah, pas sesi ini aku terselamatkan.  Lumayan juga hampir setengah jam ditutup mata sambil makan, menyentuh hatiku,  jadi mikir betapa hebatnya orang-orang yang mengalami kebutaan dari lahir bisa survive, entah kenapa  jadi inget Hellen Keller, seorang wanita hebat yang udah mengharumkan dunia ini, jadi mengingatkanku tentang seorang wanita yang mengalami kebutaan  bernama Hellen Keller yang pernah aku baca tentang perjalanan hidunya, wah aku jadi malu, ternyata aku masih harus banyak belajar ya, aku yang dikarunia mata alhamdulillah sejak lahir bisa melihat, namun  belum bisa sehebat orang-orang yang justru mengalami kebutaan.  Sesi dinner itu memberiku pelajaran berharga, bahwa  seharusnya lebih banyak bersyukur sama Allah SWT dengan apa yang telah diberikannya untukku, terutama dengan penglihatanku yang harus dijaga.

Sesi yang lain yang gak kalah seru pas gala dinner malam terakhir, dimana kita diwajibkan mamakai dress code bertemakan pejuang 45.¬† Dan buat yang tampil sebagai best dress code male and female dapet hadiah. ¬†Oh iya, setiap selesai acara yang berakhir di atas jam 11 malem, ¬†harus balik ke hotel utuk istirahat yang memakan waktu 30 menit naik kendaraan.¬† Pas training dari pagi sampai malem memang diadakan di Losari Coffee Plantation, hanya saja saya dan 7 orang teman lainnnya gak dapet kamar disana, ¬†kita nginep di hotel Puri Asri berdelapan.¬† Satu kamar untuk 2 orang, saya bareng Josephin yang akrab disapa Jo.¬† Walau harus berpisah untuk sementara dari teman-teman yang lain di Losari, tapi ¬†ternyata tidak mengurangi rasa kebersamaan kita, ¬†malah seneng karena bisa merasakan dua hotel berbeda yang boleh dibilang eksklusif-lah, hotel di Puri Asri yang lebih ngambil tema design yang modern menyajikan suasana yang berbeda, ngerasa nyaman dengan suasananya, apalagi di pagi hari ¬†bisa menikmati udara yang sejuk, disajikan dengan hamparan sawah luas yang tertata rapi, dan view sebuah Gunung Merapi, 1 villa ada satu swimming pool-nya (huaaa rasanya gak pengen pulang kalau udah liat suasana alam yang indah seperti itu hihihi just kidding dech.¬† Pas hari pertama nginep di Puri Asri, kita berdelapan (saya, Fitri, Jo, Eva, Gita, Mas Dudi, sama Irvan) breakfast-nya disana, tapi pas hari kedua sekalian check out kita gak breakfast disana tapi di hotel Losari, sebab jam 08.00 kita udah ditugguin disana untuk acara Coffee Tour.¬† Sebenarnya untuk acara bebas di hari ketiga ada 3 pilihan (mau ikutan Yoga, Tour ke Borobudur liat matahari terbit, ataukah Coffee Tour), jelas aja ¬†pilih apa yang belum pernah aku alami, kapan lagi bisa ikutan acara begitu, di Jakarta kan belum tentu ada.¬† Senengnya bisa ikut acara Coffee Tour, karena jadi lebih tahu tentang sejarah kopi, tentang sejarah di dirikannya hotel Losari Coffee Plantation, Guide yang nemenin acara serta memberikan penjelasan pada kita, memberikan penjelesan secara detail, dan tour pun berakhir di sebuah tempat pembuatan kopi, disana kita disuguhi kopi dan teh (boleh milih).¬† Sayangnya, kita gak bisa berlama-lama menikmati keindahan alam disana, sebab jam 11-00 rombongan perusahaanku Mindshare Uli harus segera check out dari hotel menuju Ambarawa dengan menggunakan Bus.¬† Jarak dari hotel ke Ambarawa tempat kita akan melihat kereta api memang tidak jauh, sesampainya di Ambarawa kita satu team naik kereta api dengan perjalanan lumayan jauh, lagi-lagi dalam perjalanan kami, disuguhkan pada panorama alam yang indah, melihat hamparan sawah luas di percantik dengan view sebuah gunung dan cerahnya cuaca disiang itu, hmmm bener-bener fresh rasanya otakku,¬† Alhamdulillah…..

Selesai main-main di Ambarawa, kita menuju sebuah restaurant untuk makan siang, dari sana kita menuju kota Semarang tepatnya menuju Statiun Tawang, dan perjalanan kami pun berakhir karena harus kembali ke Jakarta dengan menggunakan kereta api Argo Muria.  Acara untuk belanja terpaksa di cancel karena waktunya tidak memungkinkan, sebab kereta api yang akan kita tumpangi berangkat dari sana jam 16.00.  Walaupun sedih karena gak bisa beliin oleh-oleh, tapi sedikit terobati karena kita semua udah disediain oleh-oleh makanan khas Semarang (Alhamdulillah).  Perjalanan seruku kali ini dihabiskan bersama dengan satu Team dari Mindshare Uli, perjalanan yang tak kan terlupakan di Losari Coffee Plantation.  Terimaksih untuk Babe serta rekan-rekanku Mindshare Uli, yang telah menjadi bagian dari serunya perjalananku kali ini. See you in the next journey

With Love,

6 thoughts on “Losari Coffee¬†Plantation

1. good report. sedikit masukan: kalo nulis seperti ini untuk istilah2 dari bahasa asing bagusnya pake huruf italic trus kayaknya ada huruf yg ketinggalan deh (coba baca sekitar Heller Keller) ūüôā

• Makasih Abah =)

Makasih banget buat koreksiannya yaa, Ai dah lama gak bikin karya tulis, makanya nulisnya ala bar2 hehehe. Sip, tenang aja nanti Ai edit lg ya Abah.

2. kayaknya kerata apinya bernama argo muria deh heheh,,,tap trs di ganti sama argo yg lain. Tp setauku gk ada argo bimo Neng. Yang ada kereta api Bima. Itu diganti coz ternyata si argo muria blm nyampe semarang. Tapi kita harus tetep berangkat ontime. Meski begitu, tetep aja meleset jauh dari jadwal coz smp jakarta harusnya jam 22.00, kenyataan sampai jakarta jam berapa Ai???hahahah…yup correct..jam03.00 dini hari :P. what a nice trip ya neng…hehehe…

• iya say, aku jadi inget perjalananku ke Cirebon sendirian naek Argo Bima hihihi jd lupa, okay aku betulin yua. Hehehe jam 3, aku nyampe rumah jam 4, tp itu perjalanan seru buatku Mba ūüôā
      See u in the next trip ya ūüėõ

3. yes!tetep ngarep.com ke pergi ke tempat2 yg menyenangkan. Ngga usah ke luar negeri, di negara kita jg banyak yg oke doke ya gk?? hehehe…
    Bapake kayaknya akan membuat kita merasa fun kerja di kantor, menghasilkan achievement yg tinggi, bisa mewujudkan mimpinya untuk jadi world champion dan berusaha keras mengurangi kepergian karyawan hahaha…

• LIKE THIS Mba =)

Tetep ngarep.com lah hehehehe
      Betul sekali Mba, gak usah ke luar negeri, sering-sering aja ngajak kita jalan-jalan di dalam negeri, itu jg udah bikin kita happy.