Tahu IKLAN jaman baheula gak???

Hmmmmmm tahu iklan jaman baheula gak? Saya sendiri tahu iklan jaman baheula bukan dari textbook yang pernah saya baca sewaktu kuliah lho, maklum textbook untuk jurusan Advertising memang refensinya gak banyak banget, saya dapatkan ini dari Omย saya yang baik dan mengirimkannya lewat email ke saya, yaa sekedar buat di share aja,ย  siapa tau ada yang belum tahu kira-kira iklan jaman baheula itu seperti apa sich ๐Ÿ˜€

Ini teks asli dari suatu iklan lowongan kerja di dalam sebuah koran tahun 1889
yang masih tersimpan Perpustakaan Nasional Jakarta sekarang.
PERCAYA GA PERCAYA… BELIEVE OR NOT…
DULU IKLAN LOWONGAN KERJA MODELNYA SEPERTI INI….
INI ASLI LHO….KUTIPAN DARI CONTOH DI PERPUSNAS… ..LUCU TAPI NGENESIN … ENAK GAK ENAK JADI HRD JAMAN DULU…

(Bayangin Kakek-Nenek kita jaman dulu mungkin ada yg pernah dicoba direkrut dgn cara seperti ini)

Quote:

PENGOEMOEMAN !!!
DAG INLANDER,… ..HAJOO OERANG MELAJOE,…KOWE MAHU KERDJA???
GOVERNEMENT NEDERLANDSCH INDIE PERLOE KOWE OENTOEK DJADI BOEDAK
ATAOE TJENTENK DI PERKEBOENAN- PERKEBOENAN ONDERNEMING KEPOENJAAN GOVERNEMENT NEDERLANDSCH INDIE DJIKA KOWE POENYA SJARAT DAN NJALI
BERIKOET:
1. Kowe poenja tangan koeat dan beroerat
2. Kowe poenja njali gede
3. Kowe poenja moeka kasar
4. Kowe poenja tinggal di wilajah Nederlandsch Indie
5. Kowe boekan kerabat dekat pemberontak- pemberontak ataoepoen maling ataoepoen mereka jang soedah diberantas liwat actie politioneel.
6. Kowe beloem djadi boedak nederlander ataoepoen ondernemer ataoe toean tanah ataoe baron eropah.
7. Kowe maoe bekerdja radjin dan netjes.
KOWE INLANDER PERLOE DATANG KE RAWA SENAJAN DISANA KOWE HAROES
DIPILIH LIWAT DJOERI-DJOERI JANG BERTOEGAS :
1. Keliling rawa Senajan 3 kali
2. Angkat badan liwat 30 kali
3. Angkat peroet liwat 30 kali
Kowe mesti ketemoe Mevrouw Shanti, Meneer Tomo en Meneer Atmadjaja
Kowe nanti akan didjadikan tjentenk oentoek di Toba, Buleleng, Borneo, Tanamera, Batam,
Soerabaja,

Batavia en Riaoeeiland.
Governement Nederlandsch Indie memberi oepah :
1. Makan 3 kali perhari dengan beras poetih dari Bangil
2. Istirahat siang 1 uur.
3.Oepah dipotong padjak Governement 40 percent oentoek wang djago. Haastig kalaoe kowe mahoe..
Pertanggal 31 Maart 1889 Niet Laat te Zijn Hoor.. Batavia 1889 Onder de naam van Nederlandsch Indie Governor Generaal H.M.S Van den Bergh S.J.J de Gooij

( Iklan ini benar-benar asli kutipan dari koran bertahun 1889 diambil di perpustakaan nasional )

Advertisements

2 thoughts on “Tahu IKLAN jaman baheula gak???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s