Aku Belajar Dari Hal-Hal Kecil

Dalam hidup ini, aku bertemu dengan rasa manis, rasa asam, rasa pahit, rasa asin.

Semua rasa yang kutemui dan kurasakan tersebut

telah mengajarkanku tentang arti kehidupan

Ketika hidup tak sesuai dengan apa yang aku harapkan & kuinginkan

Maka aku belajar untuk menerima kenyataan dan yakin bahwa Allah SWT

akan selalu memberikan yang terbaik untukku sesuai dengan kebutuhanku

Ketika aku dihadapkan pada orang-orang yang mengkritik aku, meng-underestime aku, mencemooh aku

menyakiti aku…..

Aku akan belajar untuk bersyukur, karena Allah telah mengingatkan aku melalui mereka

agar aku selalu introspeksi diri serta memperbaiki diri

sebab secara tak langsung mereka yang mengkritik itu memperhatikan aku dengan cara mereka

agar aku bisa menjadi diriku pribadiย yang lebih baik.

Ketika orang-orang menilai aku dengan cara penilaian mereka yang memang tidak sesuai dengan diri aku

Maka aku belajar untuk menghargai penilaian mereka tentangku

Karena sesungguhnya jika penilaian mereka salah tentangku, itu karena mereka belum tahu siapa aku

Hidup ini terlalu singkat, dan karena terlalu singkat itulah….

Maka aku belajar untuk menikmati hidup yang Allah SWT anugerahkan padaku

Tak peduli betapa pun sulitnya hidup di masa sekarang

Aku akan belajar untuk mensyukurinya

Bagiku mengeluh dan meratapi kehidupan bukanlah cara yang baik menyikapi hidup

Meski ku bertemu dengan rasa sedih, kecewa, menderita, dan terluka sekalipun

tak berarti harus menunjukkan semua rasaku itu pada seluruh dunia.

Tapi aku akan belajar untuk tetap tersenyum menjalani hidup ini

Agar aku tetap semangat hingga akhir hayatku

Aku akan selalu belajar utuk bersyukur dan terus bersyukur

Dengan apa yang aku miliki saat ini

Karena mungkin di luar sana ada banyak orang yang kurang beruntung daripada aku

Ketika aku dihadapkan pada berbagai masalah hidup

Aku belajar untuk menyelesaikan masalah dan mencari solusi serta tidak memberi ruang untuk mengeluh

Karena bagiku sebetulnya masalah bagian dari kehidupan yang akan mendewasakan aku

aku yakin setiap masalah datang tentu dengan solusinya jika memang aku mau berfikir.

Kehidupan ini adalah tempat dimana aku bisa belajar banyak hal

Aku bisa belajar dari pengalaman hidupku, pengalaman hidup orang lain.

Aku bisa belajar dari hal-hal kecil

dari keluargaku, sahabatku, teman-temanku & orang-orang sekitarku

yang akan membuatku bisa menghargai makna hidup ini

Banyak hal yang bisa aku pelajari

agar aku bisa memahami dan mengerti apa arti dan tujuan aku hidup di dunia ini

Sebuah pelajaran hidup yang tak bisa kudapatkan di bangku sekolah bahkan di bangku kuliah sekalipun

dan hanya kudapatkan dengan menyelami arti hidupku ini

Aku adalah aku yang masih butuh waktu untuk tetap belajar

agar aku bisa menjadi diri yang lebih baik, dan memulainya dengan belajar dari hal-hal kecil

sehingga pada akhirnya aku bisa membahagiakan orang-orang yang kusayangi dan kucintai dalam hidupku

Aku berdoa dan berharap kepada Allah SWT, semoga mereka yang kusayangi di dunia ini

Tak kan pernah menyesal….

Mengenal dan menyayangiku, Aamiin YRA.

Leave a Reply

